PC SPL FSPMI Kab Sidoarjo Serahkan Donasi Untuk Korban Gempa Tsunami di Sulsel

PC SPL FSPMI Kab Sidoarjo Serahkan Donasi Untuk Korban Gempa Tsunami di Sulsel

Posted by

Sidoarjo KPonline – Dodik dan Aik sapaan akrab relawan Gerakan Peduli Kemanusiaan (Gerpik) bergegas menuju Rumah Rakyat Sidoarjo yang merupakan tempat berkumpulnya para buruh dikawasan Gedangan . Kedatangan mereka adalah untuk menjemput donasi yang akan diperuntukkan bagi korban bencana Gempa dan Tsunami di Palu ,Donggala yang terjadi kurang lebih sepekan yang lalu.

Donasi tersebut dikumpulkan dari sekitar 6 PUK SPL se Sidoarjo, diantaranya PUK APIE INDO Karunia,PUK PARIN,PUK Nachindo Tape Industry,PUK Rattancraft,PUK Kiki Wijaya,PUK Java Pasific .

Agenda Penggalangan ini tercetus di Forum Kopi Rebo (03/10) yang lalu karena memang pengumpulan donasi di forum ini juga mulai rutin di adakan sebulan sekali sebagai bentuk nyata perjuangan kaum buruh dari pabrik ke publik ,dan juga sebagai usaha kemanfaatan atas berkumpulnya buruh dalam serikat.

Ada catatan menarik ketika agenda Penggalangan donasi ini dilakukan yakni mayoritas pihak manajemen tiap perusahaan dimana PUK FSPMI ada sangat mendukung dan bersama sama Serikat untuk membantu sesama.

Seperti yang terjadi di PT Rattancraft ,disana setelah PUK meminta ijin untuk melakukan Penggalangan dana,justru Manajemen yang rela bergerak di tiap bagian produksi dan hasilnya dalam satu hari kerja terkumpul donasi sebesar Rp 1,21 juta.

Begitu Donasi terkumpul dari ke 6 PUK tersebut maka pada Rabu (10/10) pukul 20.00 Wib langsung dilakukan penghitungan ulang bersama Relawan Lembaga yang akan menyalurkan nya secara langsung kepada para korban.

Menurut Relawan Gerpik ,Dodik menyatakan bahwa saat ini tim relawan dari GERPIK sudah berada di lokasi, beberapa diantaranya ada yang bertugas melakukan survey kebutuhan para korban,nantinya donasi yang masuk akan dibelanjakan di toko yang berada di lokasi bencana dengan alasan untuk memulihkan perekonomian disana sebab jika di belanjakan di Jawa maka akan ada tambahan biaya kirim yang besar , sehingga akan lebih baik bila kebutuhan para korban di belanjakan disekitar lokasi nya.

Sekretaris PC SPL FSPMI Kab Sidoarjo ,Dewanto menyatakan bahwa biasanya untuk orang di sekitar yang membutuhkan, dana yang terkumpul diserahkan secara langsung oleh tim Kopi Rebo sendiri namun untuk lokasi yang jauh kita berkoordinasi dengan beberapa lembaga kemanusiaan diantaranya Gerpik dan Relawan Jatim Bersatu meski disadari bahwa di tubuh KSPI sendiri ada lembaga serupa yang bisa menyalurkan donasi tersebut (LKPI) namun mengingat SPL FSPMI Sidoarjo sudah bersama Gerpik dari sebelum berdirinya LKPI maka donasi disalurkan melalui GERPIK .

Dari perhitungan ini ,total dana yang terkumpul sebesar Rp 14,75 Juta.

Buruh yang berserikat akan bisa lebih mudah untuk turut membantu sesama yang ditimpa musibah, mengingat keanggotaan yang besar,maka dengan adanya pemantik seperti yang di tunjukkan oleh Forum Kopi Rebo diharapkan agar buruh lain bisa ikut tergerak hatinya untuk berbuat baik untuk sesama.

(Khoirul Anam/Sidoarjo)

Facebook Comments

Comments are closed.