Miris!! Selain Buruh Kasar, PSK Asal China Juga Serbu Indonesia

  • Whatsapp

Jakarta,KPonline – Indonesia kini harus benar-benar waspada oleh serbuan TKA dari China, pasalnya selain mereka bekerja sebagai buruh kasar, kini marak PSK asal China yang juga ikut mengadu nasib di negeri gemah ripah loh jinawi ini.

Baru saja direktorat Jenderal Imigrasi menahan 76 wanita berpaspor China yang berprofesi sebagai wanita penghibur di sejumlah klub malam dan panti pijat di Jakarta. Direktur Penindakan dan Pengawasan Keimigrasian Yurod Saleh mengatakan mereka dipekerjakan sebagai dengan tarif mulai Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

Bacaan Lainnya

“Mereka bekerja sebagai terapis pijat, pemandu lagu, serta PSK,” ujarnya dia Kantor Dirjen Imigrasi, Kemenkumham, Jakarta, Minggu (1/1).

“Usia mereka berkisar 18 tahun sampai 31 tahun dengan tarif mulai dari Rp 2,8 juta sampai Rp 5 juta,mereka berkedok menggunakan visa turis saat datang ke Indonesia, lalu bekerja secara ilegal dan melebihi izin tinggalnya di sini,” kata Yurod.

76 wanita asal China ini diringkus saat menjelang malam pergantian tahun, 30 dan 31 Desember 2016. Sejumlah barang bukti disita seperti paspor, uang tunai, ponsel dan alat kontrasepsi diamankan petugas.

Sejatinya, ada 92 WNA Tiongkok yang diamankan, namun 16 lainnya dinyatakan melarikan diri.

Dalam operasi itu, turut diamankan sejumlah barang bukti.

Diantaranya, 92 buah paspor kewarganegaraan RRT, kwitansi atau bukti pembayaran, uang dengan nominal sekitar Rp 15 juta, telepon genggam, tas, pakaian dalam, dan alat kontrasepsi.(*)

Pos terkait