Menghadiri Kongres Japan Trade Union Confederation

  • Whatsapp

Tokyo, KPonline – Hari ini saya tidak bisa menolak berangkat ke Jepang dalam rangka menghadiri Kongres / Konvensi Japan Trade Union Confederation / JTUC RENGO yang ke 15 di Tokyo.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa JTUC RENGO Jepang saat ini bukan hanya menjadi negara yang terkuat gerakan buruhnya di Asia dengan jumlah anggota 6.82 juta anggota (KSPI hanya 1.76 Juta) namun juga dari sisi lainnya.

Bacaan Lainnya

Jumlah anggota Rengo lebih besar dari seluruh jumlah buruh yang berserikat di Indonesia. Padahal jumlah penduduk dan pekerja Indonesia jauh lebih banyak.

Namun mengapa yang menjadi anggota serikat buruh masih sedikit? Hanya sekitar 4-5 jutaan, atau 10% saja bila dibandingkan jumlah pekerja formal.

Jepang juga jadi model gerakan buruh di Asia, baik dalam konteks penguatan organisasi melalui sayap-sayapnya. Baik Japan International Labor Foundation (JILAF) yang mempromosikan konsepsi hubungan industrial ala Jepang ( Labor Managemen Co Operation), Labor Bank, RENGO RIALS / Researc Institute, Institute Education and Culture (ILEC), dan lain-lain.

Pertanyaannya. Mengapa perusahaan Jepang relatif lebih bermartabat terhadap pekerjanya bila dibanding perusahaan dari negara lain?

Selain upah minimumnya sekitar 25 jutaan, dana pensiun Jepang juga salah satu yang terbaik di dunia. Baik dari sisi iuran yabg sebesar 20% (Indonesia hanya 3%) juga dari sisi assetnya yang mencapai 15.000 Triliun (7 kali lipatnya APBN Indonesia) atau 75 kali lipatnya total aset Dana Pensiun buruh Indonesia yang ada di BPJS Naker hanya sekitar 200-an Triliun.

Dari segi tantangan yang dihadapi Rengo relatif sama, yakni jumlah anggota yang menurun dan berubah dari reguler ke temporary, juga karena Jepang mengalami minus demografi.

Terkait Kongres JTUC, diperkirakan besok 5 Oktober Brother Rikio Kozu dari Federation of Basic Indsustry Workers Union ( Kikan Roren) Federasi terbesar keenam di jepang dengan anggota 257.016 anggota akan terpilih kembali sebagai Presiden JTUC RENGO

Sedangkan Sekjendnya Naomi OHMi dari UA Zensen / Japanese Federation of Textile, chemical, Food, Commercial, service and General worker yang merupakan Federasi terbesar di Jepang dengan anggota 1.465 juta akan menjadi Deputy Presiden.

Sedangkan Posisi Sekjend / General Secretary kandidat terkuatnya adalah brother Yosunobu AIHARA dari JIDHOSA SOREN atau Federasi Japan Automobil Workers Union yang merupakan federasi terbesar ketiga di Jepang dengan anggota 767.539 angota

Konvensi Renggo yang dihadiri lebih dari 1000 peserta ini juga dihadiri sekitar 40 tamu internasional dari 21 negara.

Muhamad Rusdi -Deputy Presiden KSPI

 

Pos terkait