Mengenang Satu tahun Kepergian Chamim Tohari.

  • Whatsapp
Siluet Chamim Tohari untuk mengenang satu tahun Kepergiannya. (a6)
Siluet Chamim Tohari untuk mengenang  satu tahun Kepergiannya. (a6)
Siluet Chamim Tohari untuk mengenang satu tahun Kepergiannya. (a6)

Sidoarjo KPOnline 08/01/2016,

Hari ini adalah tepat satu tahun kepergian seorang pejuang buruh yang lahir dari FSPMI,seseorang yang sangat militan,sederhana dan penuh keikhlasan untuk mendedikasikan hidupnya demi kesejahteraan buruh,beliau adalah Chamim Tohari.oleh karena perjuangan yang luarbiasa maka buruh di Jawa Timur khususnya memberi predikat Pahlawan padanya.

Bacaan Lainnya

Kepergiannya mengejutkan  buruh Sidoarjo,terutama mereka yang sangat dekat dengan beliau.Tidak hanya dari FSPMI saja namun juga dari serikat lain juga banyak yang merasa kehilangan.

Pada kesempatan ini,dalam rangka mengenang satu tahun kepergian CHAMIM TOHARI ,kami coba menghimpun beberapa ungkapan perasaan dari perwakilan berbagai serikat dalam memandang beliau.

 

1.Edi Kuncoro Prayitno,Presidium Persatuan Pekerja Buruh Sidoarjo( PPBS) dan Ketua Umum Serikat Buruh Independen Sidoarjo.

Aqhx_dQFC80_LKAb-K_sCeYSV9nalLmVDlRHTzHr7Iri (3)
“Sepenggal foto saat bersama CT begitu berarti ” Edi Kuncoro.

“Chamim Tohari adalah sahabat yang terbaik dalam hal apapun,militansinya belum ada yang bisa menandingi,sering kami bertemu baik saat aksi maupun di luar aksi,meskipun saya tahu dia seorang pengurus DPW FSPMI namun dia tetap ” down to earth” tidak pernah pilih pilih tempat untuk membahas sesuatu,bahkan ketika beliau pergi kendaraan beliau di taruh dirumah,dan itu yang sering membuat terkenang segala perjuangannya selama ini,beliau adalah pejuang sejati yang tak akan pernah mati,semangatnya akan terus bersama kami.”.

2.Holidin Ool,Satkorcab BRIGADE KSPSI AGN  Sidoarjo,

Holidin Ool mengenakan Kaos bergambar Chamim Tohari untuk mengenangnya.
Holidin Ool mengenakan Kaos bergambar Chamim Tohari untuk mengenangnya.

Kawanku Chamim Tohari adalah seorang pejuang yang patut ditiru,karena dia tidak pernah pandang bulu dalam memperjuangkan hak hak buruh,beliau tidak pernah memandang Sp/Sb dalam perjuangan.Doaku selalu menyertaimu kawan.

3.Edi S Yantono, Ketua DPC F SP LEM SPSI Sidoarjo.

DSCF0492Chamim Tohari…sosok pejuang Buruh yg telah menginspirasi buruh untuk bangkit melawan segala penindasan terhadap kaum Buruh dan dipastikan beliau tdk akan hilang di hati kaum buruh sampai kapanpun.

4. Handoko Wibowo,Omah Tani Batang.

Handoko Wibowo saat  datang di acara PPBS. (foto:a6)
Handoko Wibowo saat datang di acara PPBS. (foto:a6)

Saya hormat padanya yang berjuang dengan diam tidak berisik, tidak pingin dipuja puji dan tidak gila kursi atau kekuasaan. begitu aktivis pergerakan terpesona pd kekuasaan, selesai sudahlah. almarhum sangat luar biasa sebagai pejuang buruh.

5.Erno Hadi,Ketua  RTMM Sidoarjo.

Militan,pikiran,strategi,keberanian,keuletan,…almarhum memiliki itu semua…..kita buruh selalu mengenang jasa beliau semasa hidupnya,semoga ditempatkan yang layak di surah Tuhan YME….amin.

Ronny Ronda mengenakan kaos bergambar CT .6.Ronny Ronda ,wakil Ketua SP KEP SPSI Sidoarjo.

Apa yang aku rasakan tentang Chamim Tohari mungkin sama dengan kawan yang lain,yakni saya merasa kehilangan sosok yang bisa dianggap sebagai guru,beliau seorang konseptor ,jago lobby namun tetap rendah hati dalam pergaulan.

7.Heri Novianto,KC FSPMI SIDOARJO.

Heri Novianto.
Heri Novianto.

Mengenang kembali Chamim Tohari?,kalo aku merasa bahwa dia tidak mati.Semangatnya,senyumnya,gerak lakunya,pemikirannya tidak hilang sedikitpun dari dalam lubuk hati,walaupun setahun sudah dia meninggalkan kita namun bayangannya seolah selalu ada di setiap aksi dan setiap momen pergerakan,saya yakin dirinya masih bersama kita,kepergiannya membuat kami sadar akan perannya yang sangat besar bagi kepentingan buruh Indonesia,saat saya mencoba mengikuti caranya berjuang ,saya belum bisa,terlalu gila pengorbanan yang sudah dilakukannya selama ini.Doaku akan terus kupanjatkan untukmu.

8.TEQO, PUK RTMM PT.TRMS-Suntory Garuda Baverage Taman Sidoarjo .

Ao0fanUpUoI3-cn2XUscHavBFk4GXP6KD_uqv0fZDpyK ” Chamim Tohari” Kami Belum Begitu Mengenal Sosok Pribadimu, Namun Jasa & Semangat Perjuanganmu Memotivasi Generasi Tanpa Henti.

9.Chamim Tohari di mata anggota Brigade KSPSI AGN.

Chamim Tohari ditengah tengah Brigade KSPSI AGN.
Chamim Tohari ditengah tengah Brigade KSPSI AGN.A

Kami Belum begitu mengenal sosok pribadimu , tapi jasa & perjuanganmu begitu kami rasakan (heri ),”Chamim Tohari adalah Guru perjuangan kami ” (Insitu RachmaN W),…”Chamim Tohari perjuanganmu di rasakan dan di nikmati semua buruh/perkerja (Sugeng)

 

Demikian Beberapa ungkapan hati kawan seperjuangan Chamim Tohari untuk mengenang satu tahun Kepergiannya.Beribu doa selalu terpanjat untukmu Chamim “Pahlawan Buruh” Tohari .

(A6)

 

 

Pos terkait