Longmarch Tiba di Jakarta, Riden Hatam Aziz: Kita Ke MK Sampaikan 6 Tuntutan Dan Petisi

Jakarta, KPonline – Rombongan peserta longmarch sudah 8 hari berjalan kaki bersama Partai Buruh akhirnya tiba di Jakarta untuk menyuarakan 6 isu isu perjuangan kaum buruh dan rakyat Indonesia.

Dalam perjalanan selama 8 hari ini, banyak kota sudah dilewati mulai dari Bandung, Padalarang, Purwakarta, Karawang, kabupaten Bekasi, kota Bekasi dan sudah masuk diperbatasan ibukota Jakarta pada Senin 7 Agustus 2023. Tepatnya di gerbang Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur Senin sore (8/8) dilakukan lepas sambut rombongan dari Exco Partai Buruh kota Bekasi kepada ketua Exco Partai Buruh provinsi DKI Jakarta, Winarso. Hadir langsung dalam penyambutan ini Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, Presiden FSPMI Riden Hatam Aziz, Bendahara Umum DPP FSPMI, Endang Widuri dan sejumlah pengurus Exco Partai Buruh Pusat, Exco provinsi, Exco Kotamadya hingga pengurus Exco tingkat kecamatan di DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya


Sementara di hari kedelapan pagi ini (9/8) peserta longmarch bergerak dari Posko Orange Partai Jakarta Jakarta Pusat menuju Mahkamah Konstitusi dan Istana Negara. Presiden FSPMI sekalian Ketua Mahkamah Partai Buruh, Riden Hatam Aziz yang ikut dalam rombongan Longmarch pagi ini kembali menegaskan terkait isu perjuangan yang sedang dan terus disuarakan sepanjang Longmarch Bandung Jakarta.

Menurut Riden, ada 6 tuntutan dalam aksi penyambutan longmarch 9 Agustus 2023 yang akan disuarakan oleh ribuan massa aksi hari ini.

Yang pertama, cabut omnibus law UU Cipta Kerja, lalu kemudian meminta kepada gubernur di seluruh Indonesia membuat rekomendasi kenaikan upah 2024 sebesar 15 persen.

Tuntutan ketiga adalah cabut presidential threshold 20 persen menjadi 0 persen, revisi parlementary threshold 4 persen. Kelima, cabut UU Kesehatan, dan tuntutan yang terakhir adalah wujudkan jaminan sosial js3h, reforma agraria, dan kedaulatan pangan.

Bisa dipastikan hari ini ribuan buruh Jabodetabek, anggota dan pengurus serikat pekerja, satgas, kader dan simpatisan Partai Buruh akan memenuhi jalan jalan ibukota. Setidaknya sejak Tugu Tani hingga Patung Arjuna Wiwaha mengarah ke Mahkamah Konstitusi dan Istana Negara mereka menyambut kedatangan peserta Longmarch Bandung Jakarta dengan penuh sukacita.

(Jim).

Pos terkait