KSPI Serukan Solidaritas Kaum Buruh Untuk al-Aqsa

KSPI Serukan Solidaritas Kaum Buruh Untuk al-Aqsa

Jakarta, KPonline – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal memberikan kecaman dan mengutuk tindakan kekerasan yang dilakukan pasukan keamanan Israel terhadap warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerussalem. Said Iqbal juga menyerukan agar kaum buruh melakukan solidaritas untuk Al-Aqsa.

Menurutnya, setiap bentuk kekerasan adalah musuh bersama. Tidak ada sekat negara. Karena itulah, atas nama nilai-nilai kemanusiaan dan demi terjaganya perdamaian dunia, buruh terpanggil untuk bergerak.

Bacaan Lainnya

Said Iqbal juga meminta anggota KSPI untuk meramaikan hastag #SavealAqsa

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia juga sudah mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan tindakan kekerasan yang telah menewaskan tiga warga Palestina itu.

“Indonesia mengutuk tindakan kekerasan pihak keamanan Israel yang telah menyebabkan 3 orang jemaah tewas dan lebih dari 100 luka-luka di Kompleks Masjid Al-Aqsa.Indonesia menolak segala bentuk aksi kekerasan dan pelanggaran HAM, termasuk pembunuhan terhadap jemaah yang berupaya menjalankan haknya untuk melakukan Ibadah di Masjid Al-Aqsa,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga mendesak negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk melakukan pertemuan darurat.

Hal ini dilakukan sebagai respons terhadap tindakan yang telah membuat lebih dari 100 orang luka-luka itu, Indonesia memperingatkan pemerintah Israel agar tidak mengubah status quo. Hal itu agar Masjid Al-Aqsa tetap sebagai tempat suci dan dapat diakses semua umat Muslim.

Bentrokan yang terjadi antara warga Palestina dengan pasukan keamanan Israel di Masjid al-Aqsa, Yerussalem menewaskan tiga orang. Massa menuntut kebijakan pemerintah Israel yang memasang pendeteksi logam dan membatasi jemaah yang akan menunaikan salat Jumat di Masjid Al-Aqsa.

Kerusuhan terjadi setelah pemerintah Israel memutuskan untuk tidak memindahkan detektor logam yang dipasang di pintu masuk kompleks Masjid Al-Aqsa, Jumat (21/7/2017) waktu setempat.

Ini bukan hal pertama dilalukan oleh KSPI. Tahun 2014 yang lalu, KSPI juga melakukan aksi solidaritas untuk Palestina. Hal ini bisa dibaca dalam artikel di bawah ini:

Solidaritas Buruh Untuk Palestina

Ketua KNRP Apresiasi Kepedulian KSPI Untuk Bangsa Palestina

KSPI Serahkan Bantuan Untuk Rakyat Palestina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *