Koperasi Karyawan di tengah gempuran Alfamart dan Indomaret

  • Whatsapp

koperasi
Batam,KPonline – Koperasi merupakan salah satu bentuk organisasi ekonomi yang dipilih oleh sebagian anggota masyarakat dalam rangka meningkatkan kemajuan ekonomi serta kesejahteraan hidupnya. Masyarakat akan memilih Koperasi jika organisasi ekonomi tersebut dirasakan atau diyakini bisa mendatangkan manfaat lebih besar baginya dari pada bentuk organisasi ekonomi lain.

Sementara kelemahan perjuangan buruh saat ini adalah persoalan ekonomi maka dari itu kelembagaan ekonomi seperti koperasi yang dibangun ini diharap menjadi kekuatan organisasi buruh yang tangguh

Bacaan Lainnya

Koperasi karyawan yang disebut dengan koperasi buruh biasanya diikuti oleh para buruh atau pekerja suatu pabrik. Koperasi yang didirikan biasanya berupa koperasi simpan pinjam ataupun koperasi penjualan. Keanggotaan koperasi tidak dibatasi atau bersifat terbuka. Setiap pekerja boleh menjadi anggota. Tidak boleh ada paksaan dari pihak manapun. Namun biasanya para pekerja akan dengan senang hati manjadi anggota karena banyak manfaat yang mereka dapatkan jika menjadi anggota. Mereka bisa menabung dengan mudah serta meminjam uang di koperasi.

Sebuah Koperasi dikatakan berhasil atau sukses jika mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Koperasi dapat mensejahterahkan anggotanya, karena ia menciptakan nilai tambah dari usaha mereka. Dalam hal ini, semakin baik kinerja Koperasi, maka semakin besar kemampuan Koperasi mensejahterakan anggotanya. Semakin besar peran Koperasi memperbaiki kesejahteraan anggotanya, semakin tinggi partisipasi mereka dalam kegiatan Koperasi.

“Secara ekonomi, saat ini kita memang kalah, tapi secara politik dan sosial kesetiakawanan dan gotong royong kita punya kekuatan, meskipun belum sebesar yg kita impikan. Dengan semangat gotong royong, kita mampu melawan imperialis. Kekuatan ini sudah dibuktikan di era penjajahan”. Demikian di ucapakan Darmo Juwono, ketua PUK Sanmina menjelang rapat anggota tahunan koperasi karyawan Unggul Jaya,pada Minggu (21/2/2016)

Koperasi Unggul Jaya merupakan wadah pemberdayaan ekonomi pekerja PT SANMINA-SCI BATAM. Dukungan seluruh anggota kepada pengurus koperasi yang baru telah mempercepat perkembangan unit ini hingga mampu melebarkan sayapnya membuka Warung Serba Ada di luar lingkungan pabrik.koperasi ini diinisiasi sebagai usaha nyata peningkatan kesejahteraan kaum buruh dan perjuangan head to head melawan penjajahan ekonomi oleh korporasi alfamart dan indomart.

Lebih jauh pria gondrong ini mengatakan buruh cerdas bermartabat bukan cuma slogan, tetapi nyata karena buruh yang tak pernah berhenti berjuang.

Menurutnya anggota Koperasi mempunyai makna yang sangat strategis bagi pengembangan Koperasi, anggota dapat berfungsi sebagai pemilik dan sekaligus sebagai pengguna jasa atau sering disebut dual identity of the member sebagai karakteristik utama Koperasi yang tidak dimiliki oleh bentuk perusahaan lain. Sebagai pemilik harus berpartisipasi dalam penyetoran modal, pengawasan, dan pengambilan keputusan, dengan harapan akan memperoleh pembagian SHU yang memadai, kesuksesan koperasi juga dapat dilihat dari kemampuan Dalam mempromosikan ekonomi anggotanya. Oleh karna itu dapat dikatakan bahwa peranan koperasi sangat besar bagi anggotanya

Koperasi juga sebagai media pembelajaran sekaligus aktualisasi karyawan agar menjadi manusia berkarakter mandiri, serta mempunyai semangat wirausaha,memupuk rasa hormat, kemitraan dan kebersamaan dengan semua anggota. meskipun perusahaan telah optimal memenuhi hak normatif karyawan, namun sebagai manusia tentu saja karyawan masih memerlukan kehidupan yang lebih sejahtera.(S.Ete)

==========
Baca juga tulisan terpilih dengan tema Koperasi Karyawan yang diterbitkan KPonline.

Pos terkait