Kartu Pekerja Masuk Swalayan

Jakarta, KPonline – Sosialisasi Kartu pekerja di kalangan pekerja swalayan tip top. Tiga sesi dalam dua hari ini bergiliran karyawan pekerja super market Tip top di Rawamangun di lakukan sosialisasi kartu pekerja oleh pengurus serikat pekerja yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia. Hadir dalam sosialisasi ini Dedi Hartono dari Aspek Imdonesia, Endang Widuri dari FSPMI dan Didi Suprijadi dari PGRI serta pengurus serikat pekerja lainnya yang tergabung dalam Koalisi Buruh Jakarta.

Koalisasi Buruh Jakarta adalah gabungan dari berbagai federasi serikat pekerja yang ada di DKI Jakarta yang terbentuk atas dasar kesamaan tujuan dalam memperjuangkan upah dan kesejahteraan pekerja di Jakarta.

Koalisi Buruh Jakarta disingkat KBJ telah melakukan kontrak politik dengan Gubernur Jakarta terpilih Anies Baswedan, salah satu kontrak politik KBJ dengan Gubernur adalah penetapan upah tidak menggunakan PP 78.

Dalam perjalanan waktu Gubernur kesulitan menetapkan upah minimum di Jakarta tanpa menggunakan PP 78. Atas kesepatan bersama dengan pimpinan serikat pekerja akhirnya ditempuh jalan tengah. Upah minimum tetap menggunakan PP 78 tetapi konpensasinya pekerja Jakarta diberi subsidi dengan mekanisme pemberian Kartu Pekerja Jakarta.

Kartu Pekerja Jakarta disingkat KPJ adalah pemberian subsidi kepada pekerja untuk mengimbangi kenaikan upah minimum yang masih menggunakan PP 78.

Pemberian subsidi oleh Pemprov DKI ini berupa discon pembelian pangan, pembebasan biaya transport trans Jakarta dan pemberian subsidi dana sekolah buat anak anak pekerja yang masih sekolah di SD,SMP dan SMA/K.

Encep Suprijadi sebagai ketua Serikat pekerja karyawan Tiptop menjelaskan bahwa beberapa anggautanya yang tersebar di beberapa cabang Tip top di Jakarta masih banyak yang belum memahami tentang manfaat Kartu Pekerja Jakarta, Maka perlu mengundang serikat lainnya sebagai nara sumber untuk memberikan penjelasan tentang Kartu Pekerja Jakarta.

Adalah Dedi Hartono yang selama ini sebagai orang yang dipercayakan oleh serikat pekerja untuk memberikan pencerahan kepada seluruh pekerja di Jakarta tentang Kartu Pekerja Jakarta dari mulai manfaat,cara mendapatkannya serta syarat syarat yang diperlukan.

Rangkaian kegiatan sosialisai di lakukan waktu di luar jam kerja, untuk itu tiga sesi ini dilakukan saat karyawan sedang libur Sabtu Minggu. Sosilisasi ditutup dengan foto bersama dengan nara sumber dan karyawan pekerja swalayan Tip Top di jalan Balai Pustaka Jakarta Timur.

Oleh: Didi Suprijadi (Ketua MN KSPI)

Facebook Comments