Janji Calon Presiden Untuk Buruh Indonesia

  • Whatsapp
Calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berfoto bersama seusai mendaftarkan dirinya di Gedung KPU RI, Jakarta, Jumat (10/8/2018). Pasangan Prabowo-Sandi yang secara resmi mendaftar sebagai calon presiden dan wakil presiden tahun 2019-2024.(MAULANA MAHARDHIKA/Kompas.com)

Jakarta, KPonline – Inilah 10 janji Prabowo Subianto Calon Presiden Indonesia yang berpasangan dengan Calon Wakil Presideng Sandiaga Uno sebagai lawan berat pasangan Joko Widodo bersama KH. Ma’ruf Amin.

Prabowo Subianto juga sudah menandatangani dakta integritas yang agak lebih spesifik dengan para Ulama di Indonesia.

Janji Prabowo Subianto jika bisa jadi Presiden dengan keluar jadi pemenang Pilpres 2019, dan terpilih sebagai Presiden RI, pertama adalah siap memberi Jaminan Kesehatan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Karena kesehatan menjadi isu utama dalam kontrak politik yang disetujui Prabowo. Bagi Pemerintahannya kelak siap untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan yang berlandaskan pada sistem yang adil, berupa asuransi. Terutama dalam melindungi kesehatan para buruh, honorer dan rakyat kecil yang tidak mampu.

Kedua adalah Perumahan Murah dan Layak Bagi Rakyat Kecil. Komitmen pasangan
Prabowo Subianto Sandiaga Uno ini menyatakan Pemerintahannya nanti akan segera membangun perumahan murah secara khusus dengan menargetkan bagi para buruh dan rakyat ekonomi lemah. Semua dilakukan dengan uang muka nol persen.

Ketiga, Pasangan Prabowo Subianto Sandi Uno akan berupaya untuk Meningkatkan Daya Beli Rakyat. Caranya dengan menaikkan nilai upah Buruh yang selama ini dibayar murah. Kecuali itu juga, Prabowo Sandi akan mencabut PP 78 tahun 2016 tentang upah buruh, dan akan berupaya untuk terus menerus memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dan manusiawi.

Secara spesifik, Prabowo Sandi akan menambah poin pada barang dan jasa yang merupakan standar hidup layak dari sebelumnya hanya berjumlah 60 jenis menjadi 84 jenis barang dan jasa, hingga terwujudnya KHL (kebutuhan hidup kayak).

Berikutnya, janji keempat jika Prabowo Sandi menjadi Presiden dan Wakil Prediden Indonesia 2019-2024, siap menghapuskan sistem kerja outsourching. Karena penerapan sistem Outsourching jelas sangat merugikan kaum buruh atau pekerja. Sistem kerja outsourching diakui Prabowo Sandi tak ubah seperti model perbudakan gaya baru. Karenanya, langkah pertama yang akan dikakukan juga untuk buruh adalah menghapus Outsourching.

Kecuali itu, pasangan Prabowo Sandi juga bersedia untuk mengangkat semua tenaga honorer, dan menghapus semua sistem kontrak kerja yang nyata-nyata tidak berpihak kepada rakyat.

Janji yang kelima dari pasangan Prabowo Sandi adalah kehendak untuk memperluas lapangan kerja dan menekan atau meminimalkan Penggunaan TKA di Indonesia. Sebab di bidang ketenaga-kerjaan, usaa memperluas ketersediaan lapangan pekerjaan bagi seluruh rakyat Indonesia sangat diperlukan. Maka itu Perpres No. 20 Tahun 2018 tentang TKA yang dibuat Jokowi, dipastikan nanti dicabut.

Karena maraknya buruh asal negara asing sungguh sangat mengkhawatirkan. Karena keberadaan TKA di Indonesia jelas sangat membuat kerugian banyak bagi Indonesia, bukan hanya bagi tenaga kerja saja, tapi juga adanya ancaman bagi budaya nasional.

Janji Prabowo Sandi jika bisa jadi Presiden dan Wakil Presiden, juga akan segera merevisi peraturan tentang sistem pensiun. Sistem pensiun akan dilakukan dengan meninjau kembali undang-undang nomor 45 tahun 2015, tentang jaminan pensiun. Upaya untuk merevisi jumlah dana yang diterima oleh para pensiunan minimal sebesar 60 persen dari upah pekerja yang diterima sebelumnya.

Yang tidak kalah penting dari janji Prabowo Sandi bils tahun 2019 terpilih jadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia tahun 2019-2024 adalah memperbaiki sistem pelayanan transportasi yang berkualitas dan murah. Caranya pun membangun sistem transportasi dengan biaya yang terjangkau. Bahkan kepastian hukum bagi para pelaku jasa transportasi online, termasuk adanya jaminan secara hukum bagi bagi pekerja pelayanan jasa pengguna sepeda motor sebagai sarana angkutan, dan hak para pengemudi online untuk bebas juga berorganisasi.

Adapun janji Prabowo Sandi yang kedelapan adalah komitmen mereka untuk mensejahterakan Para Guru. Komitmen ini akan diupayakan Prabowo Sandi
dengan cara mengangkat para guru honorer dan tenaga bantu K2 menjadi ASN. Begitu juga dengan rancana memperbarui sistem upah yang diberlakukan dengan standar upah minimum bagi para guru, baik untuk mereka yang menjadi guru swasta, PAUD, Madrasah, dan Yayasan.

Dengan sistem ini, Pemerintah akan lebih bisa menjamin hak dan masa depan para guru, dengan cara mengangkat para guru honorer dan tenaga bantu K2 menjadi ASN.
Ia juga akan memperbarui sistem upah yang nantinya akan diberlakukan dengsn standar minimum bagi para guru baik itu guru swasta, PAUD, Madrasah, dan Yayasan. Ia berharap dengan adanya sistem ini, Pemerintah lebih bisa menjamin akan hak dan masa depan para guru.

Komitmen dari pasangan Prabowo Sandi jika menjadi Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia tahun 2019-2024 akan mewajibkan bagi anak-ansk wajib belajar 12 Tahun serta pendidikan gratis sampai Perguruan Tinggi bagi rakyat kurang mampu.

Pemerintahan akan melakukan prioritas khusus dalam APBN untuk fasilitas pendidikan gratis sampai jenjang Universitas bagi rakyat ekonomi lemah. Secara khusus juga bagi anak-anak buruh yang berprestasi.

Janji pasangan Prabowo Sandi jika berhasil memenangkan Pilpres 2019, juga ingin segera mengembalikan kekayaan alam Indonesia yang selama Ini telah dikuasai Asing.

Langkah-langkah besar yang hendak dilakukan Pemerintahan Prabowo Sandi ini — jika jadi Presiden dan Wakil Prediden tahun 2019-2024 — tertuang jelas dalam kontrak politik dihadapan dengan kaum buruh yang ikut dalam barisan Prabowo Subianto Sandiaga Uno untuk segera mengembalikan kekayaan alam Indonesia agar dikelola secara mandiri tanpa Intervensi Asing, demi dan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Bahkan lebih dari itu semua pasangn Capres dan Cawapres Prabowo Sandi juga berjanji akan turut memperkuat lembaga koperasi BUMN dan BUMD. Karena semua itu diyakini dapat dijadikan sebagai basis kekuatan Ekonomi Nasional.

Sebagai naskah yang memuat kontrak politik, tentu saja kelak akan menjadi dokumen penting untuk diingat dan dibuka kembali manakala ada kesangsian atau keraguan dari pihak manapun.

Inilah dokumen penting bagi kaum buruh Indonesia yang patut diingat dan dicatat, sebab kelak mungkin harus ditagih dengan gigih, karena mungkin kelak sudah dilupakan atau tidak lagi dianggap penting, sebab memang pasti akan lebih banyak ragam masalah yang muncul kemudian secara tidak terduga.

Penulis: Jacob Ereste