Jamkeswatch Bogor, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor Sidak RSIA Assalam

  • Whatsapp

Bogor, KPonline -Pagi 11 Februari 2019, Jamkeswatch Bogor mendapatkan laporan dari salah seorang warga Kampung Kebon Kelapa RT 03 RW 04 Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, ingin melakukan proses kelahiran di Rumah Sakit Ibu dan Anak didaerah Cimandala, Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Namun, pasien mendapatkan sedikit kendala karena kartu BPJS Kesehatan miliknya telah non aktif karena menunggak premi. Pasien datang ke rumah sakit ibu dan anak Assalam 10 Februari 2019, sekitar pukul 21.00 WIB. Dan pihak rumah sakit meminta deposit awal sebesar 12 juta rupiah hingga 15 juta rupiah. “Prediksi umum yaitu masuk perawatan kelas satu dengan jaminan untuk biaya anak baru bisa dilakukan tindakan. Akan tetapi setelah melakukan lobby dengan pihak rumah sakit, deposit hanya 6 juta rupiah” ujar Deska kakak ipar pasien kepada awak Media Perjoeangan Bogor.

Bacaan Lainnya

“Setelah uang deposit dibayarkan, pasien langsung masuk ke ruangan operasi sekitar pukul 00.55 WIB. Hingga pada akhirnya, pasien kehilangan nyawanya di ruangan operasi sekitar pukul 05.45 WIB” tambah Deska.

Mendengar laporan tersebut, Heri Irawan selaku Koordinator Daerah Jamkeswatch Bogor, langsung melakukan komunikasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor, untuk duduk bersama dengan pihak keluarga almarhumah serta pihak Management RSIA. Assalam

Sekitar pukul 14.00 WIB, semua perwakilan, baik dari pihak keluarga almarhumah, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, BPJS Kesehatan dan Relawan Jamkeswatch Bogor di terima oleh Management RSIA. Assalam. Untuk menjelaskan kronologi, tentang apa dan bagaimana, pasien ibu yang akan melahirkan dan calon bayinya, bisa meninggal dunia di RSIA Assalam.

“Saya kecewa dan sangat menyayangkan atas terjadinya hal ini, dan saya harap tidak ada lagi korban lain dengan kasus yang sama, rumah sakit tidak boleh minta uang dimuka kepada pasien” tegas Heri Irawan Ketua DPD Jamkeswatch Bogor di RSIA Assalam Cibinong, Senin 11 Februari 2019.

Hal itu disampaikan langsung kepada pihak Management RSIA Assalam, Heri datang bersama rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan BPJS Kesehatan usai mendapatkan laporan dari salah seorang Relawan Jamkeswatch Bogor, Arief Rachman.

Pos terkait