Ini Yang Dilakukan PUK FSCM Guna Memperkuat Mentalitas Organisasi Anggotanya

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Diikuti oleh hampir 200 orang anggota dari berbagai seksi dan departemen, PUK SPAMK FSPMI PT. FSCM MANUFACTURING INDONESIA kembali menggelar konsolidasi untuk anggotanya. Acara ini digelar pada sabtu pagi (25/8) hingga siang di ruang lobby utama plant 2, Pulogadung. Dihadiri oleh seluruh pengurus inti serta jajaran pleno yang mendampingi anggotanya dari masing masing seksi.

Dalam sambutannya, Ketua PUK FSCM, Gunawan Yuliansyah menyampaikan beberapa pesan terkait organisasi.

Bacaan Lainnya

“Ibarat sebuah bencana nasional di tingkat perburuhan, bilamana terjadi PHK besar besaran di banyak perusahaan multinasional yang tergabung dalam SPAMK, dan ini tidak menutup kemungkinan bisa merambah ke FSCM.” Ulas Gunawan.

“Untuk itu perlunya kita sebagai bagian serikat pekerja menyatukan hati, tingkatkan kepercayaan antara anggota dengan pengurus.” lanjutnya.

“Anggota jangan berpikir aman, hubungan baik dengan pimpinan hanya sebatas hubungan kerja, ketika ada kesempatan maka perusahaan bisa kapan saja melakukan PHK. Untuk itu disini perlunya kita selalu merapatkan barisan agar semakin solid.” tambahnya mengingatkan kepada seluruh peserta konsolidasi yang hadir.

“Hanya buruh yang tersatukan dan terorganisir yang bisa melawan kesewenang wenangan manajemen.” papar Gunawan Yuliansyah.

Selain itu, Gunawan juga menyinggung terkait agenda ‘Buruh Go Politic’ dimana menjadi suatu kewajiban bagi seluruh anggota dan keluarganya di PUK PT. FSCM untuk mensukseskan dengan mendukung dan memilih calon anggota legislatif dan calon presiden yang sudah direkomendasikan dan diusung oleh organisasi FSPMI – KSPI.

Sesi selanjutnya acara konsolidasi ini secara khusus diisi dengan motivasi untuk anggota dengan menghadirkan Nur Yasin (Ketua PUK PT. FNI) yang dikenal karena kepiawaiannya dalam mengorganisir anggota, serta memiliki kedekatan dengan PUK FSCM karena sama sama tergabung dalam Forum Serikat Pekerja Astra Otoparts (Forum SP AOP). Dalam tubuh FSPMI, Nur Yasin menduduki jabatan sebagai direktur pengembangan di DPP FSPMI.

Ada beberapa point penting yang disampaikan oleh Nur Yasin kepada peserta konsolidasi. Diantaranya tentang Prinsip serikat pekerja, disampaikan terkait persatuan anggota adalah kekuatan, kebijakan upah dalam pekerjaan serta tentang jaminan pekerja.

Ada juga bahasan tentang tugas dan fungsi serikat pekerja, problematika yang dapat melemahkan serikat pekerja diulas secara gamblang.

Nur Yasin mengupas banyak hal perburuhan secara lugas agar materi mudah di terima oleh peserta yang sebagian besar adalah anggota. Motivasi ini diharapkan sesuai dengan target tema yang diusung yaitu menguatkan mentalitas anggota dalam berorganisasi guna menghadapi tantangan ke depan yang semakin sulit.

(Jim).

Pos terkait