PUK SPAMK FSPMI PT Musashi Adakan Seminar Marketing Online

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Pengurus Bidang Peranan Pekerja dan Perempuan PUK SPAMK FSPMI PT Musashi Auto Parts Indonesia mengadakan seminar marketing online untuk anggota. Acara ini diadakan di Hotel Zuri Express, Cikarang Selatan, Bekasi pada Sabtu (25/8) pagi. Untuk memaksimalkan penyerapan materi peserta dibatasi hanya 50 orang anggota.

Akan tetapi peserta yang hadir mecapai 60 orang. Beberapa orang pengurus PUK Musashi yang hadir diantaranya Lucki Adi Purnomo dan Eko Joko P. (Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan), Bowo Ariyanto dan Mulyadi (Bidang Pendidikan), Subowo (Bidang Pembelaan), Nurlela dan Iwan BS (Bidang Peranan Pekerja dan Perempuan).

Bacaan Lainnya

Selain itu Sekretaris Nasional Media Perdjoeangan FSPMI Muhammad Hervin juga menyempatkan diri untuk hadir. Pemateri seminar adalah Bustomi (pakar marketing online dari Bandung, Jawa Barat).

Acara dimulai jam 08.30 WIB. Pengurus Bidang Peranan Pekerja dan Perempuan Iwan Budi Santoso saat diminta memberikan sambutan pertama menyampaikan tentang bagaimana pekerja bisa punya kemampuan mengelola usaha sendiri terutama jika suatu saat nanti pekerja mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Terima kasih kepada Pengurus PUK Musashi yang sudah hadir, juga teman-teman anggota PUK. Seminar kita adakan tidak hanya untuk pekerja perempuan, tetapi untuk semua anggota. Disadari atau tidak, saat ini kita hidup di era digital. Pengen apa kita hanya buka smartphone dan tinggal klik, apapun yang kita inginkan datang sendiri. Itu hanya salah satu contoh saja, kata Iwan BS mengawali sambutan. Iwan juga sedikit memberikan penjelasan kepada peserta yang hadir bagaimana memaksimalkan fungsi era digital.

“Kepastian sebagai pekerja itu cuma satu yaitu PHK, bagaimana kawan-kawan mempersiapkan itu? Nanti kita akan coba diskusi setelah ini, “lanjut Iwan.

Lucky Adi Purnomo mewakili Ketua PUK Musashi saat memberikan sambutan kedua juga menyampaikan terima kasih kepada peserta yang hadir. “Hari ini Ketua PUK dan Sekretaris tidak bisa hadir, saya mewakili mereka. Mereka menitip salam untuk kawan-kawan, semoga acara ini berjalan dengan lancar.

Tantangan kita sebagai pekerja ke depan semakin berat, kita sudah memasuki era Revolusi Industri ke 4. Kami di Serikat Pekerja akan berusaha untuk mengisi sisi sisi yang kosong, terutama bagaimana mempersiapkan pekerja jika nanti dalam menghadapi PHK.

Melalui bidang pendidikan, PUK akan mempersiapkan konsep pendidikan khususnya mengadakan pendidikan wirausaha yang berorientasi menjadi usaha sampingan bagi pekerja. Semoga pendidikan ini lancar dan bermanfaat bagi kita semua, “kata Lucky.

Selesai sambutan, Bustomi langsung memberikan materi seminar. Sebelum masuk inti materi, Bustomi terlebih dahulu menjelaskan mengenai kondisi pasar online saat ini.

”Kita tidak akan fokus ke teori, tapi kita akan lebih fokus ngomongin ke praktek. Sambil berjalan nanti jika ada pertanyaan silahkan nanya saja, “kata Bustomi.

Menurut Bustomi, Internet marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Product terbagi menjadi 3 bagian yaitu konvensional, online, dan hibrid. Beberapa keuntungan yang didapat melalui bisnis online adalah menjangkau area lebih luas, target pasar beragam, bisa online 24 jam, menghemat biaya operasional, memudahkan pelanggan, dan kemudahan menganalisa pasar. Sedangkan tantangan bisnis online yaitu sulitnya mendapat kepercayaan, kultur masyarakat yang berbeda, pembeli tidak bisa melihat fisik barang, perang harga, masalah hukum, gangguan listrik dan adanya orang iseng. Selesai memberikan materi, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Sesi diskusi menjadi semakin menarik karena banyak peserta yang bertanya perihal materi yang tadi disampaikan oleh pemateri seminar. Acara yang dijadwalkan selesai jam 12 siang akhirnya molor setengah jam. Jam 12.30 WIB, acara selesai ditutup dengan foto bersama dan makan siang. (Ed)

Pos terkait