Ini Usaha Yang Cocok Saat Kita Masih Berstatus Buruh

  • Whatsapp

Batam,KPonline – Menjadi buruh pabrik dengan gaji tujuh koma alias baru tanggal tujuh sudah koma memang dilema, kebutuhan semakin meningkat, apalagi jika sudah berkeluarga dan punya anak yang kebutuhan mereka juga semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Pengin resign tapi belum punya usaha, di teruskan bekerja di tempat yang sama gaji kurang terus.

Nah, menghadapi dilema tersebut tidak ada salahnya jika kita mulai merintis usaha selagi masih bekerja menjadi buruh pabrik. Meskipun kita sibuk dan banyak menghabiskan waktu di tempat kerja, memulai bisnis usaha bukan hal yang tidak mungkin sebab masih ada waktu untuk mengerjakan urusan ini dikala ada waktu senggang, di malam hari sepulang bekerja, dan juga di akhir pekan, kita bisa menggunakan waktu tersebut daripada habis begitu saja sambil rebahan.

Muat Lebih

Risikonya, kesibukan kita pasti akan meningkat juga. Namun, jika penghasilanakan bertambah tentu sebanding dengan pengorbanan tersebut. Kondisi keuangan akan lebih baik dan kita bisa lebih siap dalam mempersiapkan masa depan.

Usaha sampingan untuk karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya, banyak yang belum memulai usaha sampingannya karena alasan modal.

Banyak juga karyawan yang beranggapan harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah usaha sampingan ini. Padahal bisnis atau sebuah usaha tidak harus membutuhkan modal yang besar

Jika kamu belum ada ide usaha apa, berikut sejumlah peluang usaha menarik untuk dijalankan oleh buruh pabrik atau semacamnya.

1 . Usaha Makanan/Kue
Di Batam banyak buruh pabrik yang bekerja sambil jualan kue atau gorengan. Mereka yang hobi masak dan membuat kue bisa mengambil usaha ini dan kemudian di titipkan di koperasi perusahaan atau di titipkan di warung warung kaki lima. Usaha ini lumayan menjanjikan karena banyak karyawan/buruh yang setiap harinya tidak punya waktu cukup untuk menyediakan sendiri sarapannya.

2.Jasa cuci motor
Coba kamu hitung berapa jumlah motor yang lalu lalang di sekitarmu, buanyak kan? Jika ya, mengapa tidak mencoba membuat jasa cuci motor.

Jenis usaha sampingan ini relatif mudah dibanding jasa cuci mobil. Dari sisi peralatan pun cukup sederhana, Kamu hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, shampoo motor, dan peralatan semir ban motor.

Sementara itu, dari sisi modal, kamu cukup memiliki Rp 2 juta untuk memiliki jasa cuci motor sederhana. Modal ini lebih besar (Rp 10 juta) jika kamuy ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional.

3. Jasa les privat
Memiliki keterampilan dalam berbahasa atau bermusik? Jika ya, keterampilan tersebut bisa dijadikan usaha sampingan dengan mendirikan jasa les privat.

Bukan hanya menghasilkan uang, les privat tersebut bisa juga mengasah keterampilan kamu sehingga tidak menguap begitu saja. Kamu mahir berbahasa Inggris bisa membuka kursus bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar yang ada di lingkungan tempat tinggalmu . Kamu pandai bermain gitar atau piano bisa membuka les privat gitar atau piano di rumah juga

Biaya les privat yang harus dibebankan terhadap peserta bergantung pada kondisi ekonomi di tempat kita. Jika kondisi ekonomi masyarakat kurang, tetapkan harga kursus setengahnya dari harga di kota besar.

4. Menjual pakaian murah
Menjual pakaian murah bisa dilakukan untuk membuat bisnis sampingan. Kekurangan bisnis ini adalah biasanya banyak orang yang mengutang sehingga menghambat perputaran modal dan keuntungan juga

5.Makelar
Makelar yang di maksud di sini adalah makelar kendaraan atau properti

Tentu saja, kita harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga tahu batas profit atau bonus yang akan didapatkan seandainya bisa menjual sebuah unit atau lebih atau menjual sebuah sepeda motor misalnya

Untuk menjadi makelar, kita tanpa perlu modal dalam bentuk uang. Modal yang di perlukan berupa kepercayaan, baik dari pemilik atau calon pembeli

Selain itu, kita mesti memiliki sedikit ilmu pemasaran agar lancar menawarkan properti ke teman-teman kerja atau orang lain.

Sementara buat kamu yang libur pada Sabtu dan Minggu cocok sekali di manfaatkan buat bisnis sampingan berjualan. Kamu bisa buka usaha kuliner atau pakaian di pasar kaget misalnya

Bagi yang punya kendaraan pribadi, bisa memakai mobil buat menjajakan produk yang kamu jual. Jangan salah, sekarang ini lagi tren di mana orang-orang berjualan dengan mobil di pinggir jalan, sebuah event atau di pasar kaget.

Ide bisnis sampingan buat karyawan sebetulnya banyak kalau kita kreatif. Tapi buat yang mau mencoba, lebih baik tidak usah terlalu lama berfikir . Just do it, lakukan dan eksekusi dengan segera . Buka saja usaha yang sekiranya kita mampu baik secara finansial atau secara tenaga. Biarpun usaha yang dijalani kecil, yang penting ada tambahan buat mencukupi kebutuhan.

Siapa tahu dari bisnis kecil ini ke depannya akan berkembang semakin besar

Pos terkait