Hari Pohon Sedunia, JAKA Ingatkan Akan Bahaya Musnahnya Bumi

Medan, KPonline – 21 November 2020 merupakan Hari Pohon Sedunia “World Tree Day”. Di hari Pohon Seduania ini, Jaringan Pemerhati Lingkungan Dan Kegiatan Alam (JAKA) ingatkan akan bahaya terhadap kondisi bumi jika tidak pedulinya manusia terhadap Pohon.

Menurut JAKA melalui Ketua umumnya yaitu Zamroni Hidayat hanya pohonlah yang mengetahui usia isi bumi. Zamroni mengatakan Musnah-kan Pohon sama dengan memusnahkan isi bumi.

“Pohon yang sehat akan meningkatkan kualitas udara dan air. Lalu bagaimana jika semakin hari penebangan pohon atau pemusnahan hutan dengan alasan investasi ataupun pembukaan lahan, pemukiman terus-terus di lakukan tanpa pemahaman pentingnya pohon. Bayangkan saja jika pohon semakin sedikit itu artinya kualitas udara dan air yang merupakan sumber dasar kehidupan manusia akan kehilangan kualitas, bahkan kuantitas” jelasnya.

“Belum lagi ditambah dengan akan menyebabkan kepunahan juga bagi satwa liar. Dan juga menyebabkan ketidak stabilkan tanah. Jadi kami mengingatkan agar ada keseriusan kita bersama, terkhusus pihak pemerintah lebih perduli terhadap hal itu” tambahnya.

Zamroni juga mengingatkan agar Pemerintah jangan mengorbankan hutan atau pohon demi investasi.

“Jangan gara-gara hanya ingin meningkatkan pertumbuhan Ekonomi dengan mengundang investasi tanpa memperhatikan kehidupan pohon yang sejatinya kehidupan isi bumi, Mala membelakangi aturan-aturan yang telah dibuat baik sebelumnya. Ia, pertumbuhan ekonomi akan naik, pengangguran berkuran, daya beli bagus tetapi untuk apa jika isi bumi tidak lagi mendapatkan udara yang berkualitas, air yang berkualitas, ke-stabilan tanah, satwa dan lain-lain. Itu sama saja akan membunuh kita semua” sentil Zamroni.

Seperti di ketahui bahwa hari ini 21 November 2020 adalah merupakan hari pohon sedunia yang di peringati setiap tahunnya di seluruh dunia.

Hari Pohon Sedunia sendiri di peringati sebagai tanda penghormatan untuk J.Sterling Morton, seorang pecinta alam asal Amerika yang mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Hari peringatan pohon sedunia juga untuk mengingatkan manusia akan pentingnya pohon sebagai mahluk hidup. Pokok dasar pohon adalah menjadi sumber kehidupan bagi manusia dan sangat berperan penting kelangsungan alam. Sehingga tugas kita yang utama adalah menjaga dan merawat pohon dari penebangan liar.