Hari Ini Garda Metal Rayakan Ulang Tahun ke Delapan

  • Whatsapp
Konsolidasi dan Bersih pantai Garda Metal Gresik

Jakarta, KPonline – Tanggal 27 April 2008, Garda Metal resmi dibentuk. Dengan demikian, 27 April 2016 ini, Garda Metal genap berusia 8 (delapan) tahun. Masih relatif muda, tetapi pilar organisasi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ini menjadi inspirasi bagi gerakan buruh Indonesia. Selain mengawal aksi-aksi yang dilakukan kaum buruh, Garda Metal juga terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial, seperti membantu korban bencana alam.

Sebagai pilar organisasi, Garda Metal tidak lepas dari FSPMI. Ia bukan organisasi tersendiri. Dengan demikian, setiap langkah dan gerak Garda Metal mencerminkan jati diri FSPMI. Meskipun demikian, Garda Metal bukan hanya menjadi kebanggaan FSPMI, tetapi juga menjadi kebanggaan buruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menyambut HUT Garda Metal ke delapan, Pangkornas Garda Metal Baris Silitonga menyampaikan pesan kepada segenap anggota Garda Metal. “Buat seluruh anggota Garda Metal dimanapun berada. Dirgahayu Garda Metal FSPMI. Semoga cita-cita kita bisa terwujudkan. Salam RESOLUSI.”

RESOLUSI adalah singkatan dari Rela, Solid, Lugas, dan Sigap.

Sementara itu, aktivis ASPEK Indonesia Tri Asmoko Aripan mengatakan, saat ini Garda Metal adalah garda terdepan saat aksi, garda terdepan dalam kaderisasi, rapi barisannya, rapi barisannya, rapi komandonya, dan rapi cita-citanya. Dia berharap, Garda Metal makin bisa memberikan manfaat yang luas bagi perjuangan buruh khususnya dan bagi perjuangan rakyat pada umumnya.

Di media sosial, ucapan selamat ulang tahun terhadap Garda Metal juga banyak disampaikan. Selain ucapan selamat, kritik dan saran yang ditujukan untuk barisan militan buruh dengan seragam khas merah hitam ini.

Sosok yang pernah ikut memberikan materi di saat awal pendirian Garda Metal Budi Wardoyo, di akun media sosialnya menulis: Kurang lebih hari ini, berapa tahun yang lalu, di Karang Kopen Bekasi, beberapa regu buruh dari berbagai tempat sedang melatih fisik, melatih kekompakan, melatih militansi, melatih keberanian, melatih solidaritas, dan membangun satu ‘barisan militan’ buruh, yang kini dikenal dengan Garda Metal.

Ditengah situasi yang sudah digenjot fisik, kawan-kawan di Kalam Kopen ini, masih harus ikut materi di dalam kelas. Kebetulan saya salah satu yang diberi kesempatan untuk berbagi pandangan dengan kawan-kawan.

Lalu, bulan berganti, tahun berganti, hingga tak terasa sudah 8 tahun Garda Metal berdiri menjadi salah satu pilar dari FSPMI – menjadi salah satu pendorong lahirnya berbagai sayap militan buruh di seluruh Indonesia.

Ada banyak hal positif, ada juga berbagai kelemahan dan kekurangan yang mencolok, namun biar bagaimanapun, selama masih berkehendak untuk selalu belajar, masih selalu berusaha berkomitment pada perjuangan buruh-rakyat, masih berusaha kokoh berdiri dalam berbagai kesulitan perjuangan, maka Garda Metal adalah kawanku.

Selamat ulang tahun ke 7, Garda Metal.

Pos terkait