Harapan Untuk Walikota Batam

  • Whatsapp
Rudi saat menemui buruh yang berdemo.
Rudi saat menemui buruh yang berdemo.

Batam, KPonline – Walikota dan Wakil Walikota terpilih Batam, H. M. Rudi dan Amsakar Achmad telah resmi di lantik pada Senin (14/3/2016) di Gedung Daerah Tanjungpinang. Terkait pelantikan itu, masyarakat Batam yang sebagian besar adalah buruh mengharapkan adanya perubahan yang lebih baik di Kota Batam. Terutama yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

Rudi sendiri dikenal dekat dengan kalangan buruh. Ketika masih menjabat sebagai Wakil Walikota Batam mendampingi Ahmad Dahlan, dia terbilang cukup aktif menemui buruh di setiap aksi demo di depan Kantor Walikota.

Salah satu aktivis Buruh Panusunan Siregar atau lebih di kenal Omreg  mengharapkan agar di bawah kepemimpinan Rudi, Batam akan lebih baik, berkurang pengangguran, berkurang kriminal, dan dapat mengontrol harga kebutuhan pokok yang semakin melambung. Selain itu Omreg juga meminta agar Rudi dapat memperhatikan nasib buruh Batam.

“Harapan saya agar Rudi dapat penuntaskan permasalahan upah buruh Batam sehingga berkeadilan. Disamping itu juga mampu meningkatkan daya saing pekerja melalui kopetensi pekerja, serta memperlakukan buruh galangan sebagai asset yang dapat membangun industri galangan kapal Batam. Disamping itu, saya berharap pemimpin Batam yang baru dapat mempromosikan galangan kapal khususnya Tanjung Uncang ke mancanegara untuk menarik investor,” ungkap Omreg. Lebih lanjut, dia berharap Walikota yang baru dapat memberikan rasa aman kepada pengusaha, dan berani menindak aparat pemerintah yang memanfaatkan posisinya untuk kepentingan pribadi.

Di tanya soal kemampuan Rudi jika dibandingkan Walikota sebelumnya, Omreg menilai bahwa Rudi adalah sosok pemimpin yang tegas dan intelektual. “Rudi mempunyai kapabilitas untuk mengayomi masyarakat. Akan tetapi masih ada segelintir orang yang memanfaatkan kedekatan dengannya demi kepentingan pribadi dengan mengabaikan suara masyarakat. Ini yang harus di waspadai oleh Rudi”.

Omreg juga menyatakan bahwa buruh akan mendukung sepenuhnya pemerintahan Rudi demi kemajuan Batam, selama kebijakan tersebut memihak kepada masyarakat. Jika ternyata bertolak belakang dengan aspirasi buruh dan rakyat, buruh tidak segan akan menyampaikan kritiknya.

Seesaat setelah di lantik, Rudi mengatakan dirinya akan membangun Kota Batam dari tiga sektor, mulai dari Pembanguan Sumber Daya Manusia (SDM) baik Aparatur pemerintahnya maupun SDM Masyarakat, pembangunan infrastruktur, serta ekonomi. Rudi yakin jika tiga sektor ini ia bangun bersama, Batam akan berubah total dan masyarakat akan Sejahtera.

Seperti diketahui, Rudi dan Amsakar terpilih menjadi walikota dan wakil walikota Batam  setelah menang atas saingannya Ria Saptarika-Sulistiana dengan perolehan suara lebih dari 186 ribu. (*)