Gonggong, Si”Obat Kuat”?

  • Whatsapp

Batam,KPonline – Batam sangat terkenal dengan Seafoodnya. Ada yang bilang bahwa orang Batam suka makan Siput. Itu ada benarnya karena hal tersebut mempunyai 2 arti, yaitu plesetan dari kata Seafood dan yang kedua adalah benar jika orang Batam suka makan Siput. Akan tetapi Siput disini adalah “Siput laut” atau lebih dikenal dengan nama Gonggong.

Kali ini kita mengunjungi salah satu restoran siput yang berada di sekitaran piayu laut,lokasi yang strategis dimana langsung berdekatan dengan laut. Ditemani para aktivis-aktivis buruh mungkin sedikit berbeda di saat bersama dengan keluarga.

Bacaan Lainnya

Mungkin banyak yang belum tahu dan belum pernah merasakan apa itu gonggong. Gonggong bentuknya memang mirip siput, hanya saja warna cangkangnya putih kekuningan. Dagingnya lebih lembut daripada siput

Jamuan kali ini diadakan di sela-sela berakhirnya pelatihan penulisan yang diadakan oleh PC SPEE Batam. Selain jamuan makan,makan bersama ini juga merupakan menjadikan silaturrahmi yang kuat, dan kekeluargaan yang hangat antara tamu dan penyelenggara.

Gonggong biasanya hanya dimasak dengan cara direbus, bisa juga digoreng tapi penggila seafood biasanya lebih suka gonggong yang direbus. Cara penyajiannya cukup sederhana, hanya gonggong rebus ditambah dengan sambal. Itu saja, makanya harganya bisa dibilang sangat murah untuk ukuran seafood, sekitar 30 ribu rupiah per kilogram. Bandingkan dengan harga kepiting yang bisa mencapai 150 ribu per kilonya. Kalau soal rasa sangat tergantung dengan sambalnya.

Selain lezat warga Kepulauan Riau juga percaya bahwa gonggong memiliki khasiat sebagai “obat kuat” buat pria. Jika sedang berbulan madu di Kepulauan Riau, para pria jangan lupa untuk menyantap gonggong. Meskipun gonggong memiliki manfaat buat tubuh namun jangan terlalu sering dan banyak mengkonsumsi makanan ini, karena selain proteinnya yang tinggi juga mengandung kolesterol yang tinggi juga. Jadi cukup sesuaikan dengan seimbang mengkonsumsi siput gonggong

Kontributor Batam : Roi Sidabutar

Pos terkait