Forum Serikat Pekerja MM2100 Adakan Rapat Persiapan Gelar Aksi Unjuk Rasa

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Dalam persiapan aksi yang akan digelar, forum Serikat Pekerja MM2100 mengadakan rapat koordinasi aksi Unjuk Rasa terkait rencana Mogok Kerja (Moker) yang akan dilaksanakan oleh PUK SPEE FSPMI PT. TPR Enpla Indonesia yang berada di kawasan MM2100.

Rapat koordinasi solidaritas forum serikat pekerja kawasan MM2100 yang diadakan di ruang Sekretariat PUK SPEE FSPMI PT. Crestec Indonesia berjalan sesuai yang ditentukan.

Bacaan Lainnya

Dari semua upaya Bipartit bersama perusahaan hanya menghasilkan ketidakkesepakatan diantara kedua belah pihak. Hal itu yang membuat masalah berbuntut panjang dimana para pekerja berencana akan melakukan aksi mogok kerja mulai tanggal 28,29,30 juli 2021.

Meski Perundingan Bipartit perihal nilai kompensasi pengakhiran hubungan kerja sudah tiga kali dilakukan dan terakhir tanggal 14 Juli 2021 namun kedua belah pihak tidak menemukan kata sepakat.

“Tiga kali kami berunding hingga tanggal 14 Juli 2021 itu pun kita libatkan tim nasional, namun pihak perusahaan tetap bersikukuh dengan pendapatnya,” tutur Supriyanto selaku ketua PUK SPEE FSPMI PT. TPR Enpla Indonesia, Jumat(23/07/2021).

Lebih lanjut menurutnya, mogok kerja adalah bagian dari hak dasar pekerja/buruh yang diakibatkan karena gagalnya perundingan.

“Mogok kerja akan kita lakukan sesuai ketentuan hukum yang berlaku yaitu merujuk ke Undang-undang nomor 13 tahun 2003 Tentamg Ketenagakerjaan. Pasal 137 jelas menyatakan bahwa mogok sebagian hak dasar pekerja/buruh dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh dilakukan secara sah, tertib, dan damai sebagai akibat gagalnya perundingan,” tutupnya tegas.

Senada disampaikan oleh Eko Budiman salah satu pengurus forum serikat pekerja MM2100 yang menjabat sebagai ketua PUK SPEE FSPMI PT. Crestec Indonesia. Eko menyampaikan bahwa dirinya selalu mengawal serta memberikan motivasi kepada para pengurus PUK serta anggota yang tergabung di dalamnya.

“Selain anggota forum serikat pekerja yang ada di kawasan MM2100 tentunya solidaritas akan dipastikan datang dari kalangan buruh lainnya yang ada di Bekasi. “Solidarity Forever” adalah bagian dari moto kita bersama yang terus digaungkan. Ini mungkin akan menjadi aksi besar pasca “May Day” yang akan diikuti oleh seluruh kaum buruh di Bekasi, sekaligus aksi perdana Mobil Komando (Mokom) baru FSPMI Bekasi,” kata Eko Budiman.

Penulis: Endon
Editor: Jhole
Foto: Slamet

Pos terkait