Endah Windianingrum: Serikat Membutuhkan Wanita

  • Whatsapp

Bandung, KPonline – Peran serta perempuan atau wanita dalam sebuah Organisasi ternyata sangatlah penting, demi terwujudnya sebuah kesetaraan dalam pemenuhan hak, kewajiban, kuasa, kesempatan, kedudukan, tanggung jawab dan pembagian tugas.

Hal itu disampaikan oleh Endah Windianingrum, selaku Direktorat Perempuan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (Dir Perempuan PP SPL-FSPMI), dalam kunjungan kerjanya beserta rombongan ke Kantor Sekretariat FSPMI yang ada di daerah Kabupaten Bandung Barat pada Sabtu (15/08/20).

Bacaan Lainnya

Menurut Endah, Serikat Pekerja akan semakin kuat bilamana pekerja perempuan mau bergabung secara aktif dalam pergerakan serikat pekerja atau serikat buruh (SP/SB).

Lebih lanjut Endah menyampaikan bahwa serikat pekerja yang kuat dapat melindungi dan memajukan hak-hak perempuan, tetapi hal tersebut hanya bisa dilakukan bila para anggota perempuannya terorganisir dengan baik dan berperan aktif.

“Women Needs Union, Union Needs Women” (Wanita membutuhkan persatuan, Serikat membutuhkan wanita). Kesetaran Gender ini begitu penting. Pasalnya, dalam suatu keadaan tertentu baik dalam organisasi serikat pekerja maupun organisasi kemasyarakatan, peran perempuan atau wanita sering dibutuhkan, apalagi ketika ada agenda-agenda yang berkaitan atau berhubungan dengan para perempuan atau wanita.

Dalam dunia pergerakan, para wanita juga sudah terbukti dapat diandalkan, hal itu dapat kita lihat secara langsung ketika ada pergerakan di jalanan maupun di dalam perusahaan-perusahaan. Bahkan bisa kita lihat pula dari bukti dokumentasi atau buku sejarah perjuangan kaum perempuan di seluruh peloksok Negeri ini.

Drey

Pos terkait