Eko Agus Prasetyo, Buruh Pabrik yang Punya Hobi Berkebun

  • Whatsapp

Pasuruan, KPonline – Buruh memang identik dengan kerja di pabrik masuk pagi pulang petang, dari hari Senin hingga Jum’at bahkan Sabtu, setelah itu gajian terus kerja lagi.

Jika tidak punya aktifitas lain, maka akan terasa menjenuhkan dengan kegiatan rutinitas seperti itu. Banyak hal yang bisa kita lakukan, selain terus memperdalam ilmu Agama, tidak salahnya juga kita mengisi waktu senggang dengan mengembangkan hobi misalnya Futsal, Badminton, Mendaki Gunung, Mancing, Membaca, Bercocok tanam atau Berkebun dan masih banyak yang lainnya.

Muat Lebih

Seperti halnya yang digemari Eko Agus Prasetyo (29), buruh pabrik yang merupakan anggota PUK SPAMK-FSPMI PT. ISEKI Indonesia. Ia mempunyai hobi yang anti mainstream yaitu berkebun. Dengan memanfaatkan lahan yang ada di samping rumahnya untuk dijadikan kebun bercocok tanam, mulai dari jagung, kacang panjang, terong, mentimun, hingga cabe.

Ide untuk berkebun sendiri datang begitu saja, hingga akhirnya menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus bisa menambah penghasilan. Ia juga memberikan beberapa tips berkebun bagi pemula :

1. Pilih tanaman yang tepat
Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan tanaman yang akan ditanam, misalnya kacang panjang atau mentimun akan tumbuh secara vertikal jadi anda harus menyediakan penyangga bambu agar tanaman bisa merambat keatas dan bisa tumbuh berkembang.

2. Sinar Matahari, air, dan lingkungan
Tanaman butuh sinar matahari dan air, bila musim kemarau tanaman akan banyak membutuhkam air, maka siramlah setiap pagi dan sore, serta jauhkan (tanaman yang masih kecil) dari gangguan hewan atau hama yang bisa merusak.

3. Alat berkebun
Pastikan anda mempunyai alat bantu untuk berkebun seperti cangkul, arit, dan semprotan air.

4. Pupuk
Selain media tanah, tanaman juga perlu diberi pupuk dan vitamin seperti kompos dan lain-lain. Fungsinya agar tanaman dapat tumbuh subur dan memberikan hasil maksimal.(Dede Faisal RA)

Pos terkait