Donor Darah FSPMI Batam: Banyak Nyawa Bisa Diselamatkan

  • Whatsapp

Batam, KPonline – Masih dalam rangka memperingati hari jadi FSPMI ke 18, Hari ini (20/2/2017) di adakan kegiatan donor darah oleh FSPMI kota Batam yang di pusatkan di Community Centre (CC) kawasan industry Batamindo. Kegiatan yang di gelar sejak pagi ini berakhir sekitar jam 12.00 siang dan berhasil mengumpulkan seratus kantong darah lebih.

Salah seorang peserta donor darah dari FSPMI PUK Sanwa awalnya mengaku ngeri saat akan mendaftar sebagai pendonor. Namun setelah didesak-desak rekannya yang lain dia pun memberanikan diri. “Saya tipe orang yang takut lihat darah. Kalau dipaksa bisa pingsan, tapi hari ini saya sukses ikut donor darah,” katanya sambil menunjukkan bekas suntikan jarum dengan bangga.

Bacaan Lainnya

Petugas dari PMI yang di mintai keterangan terkait kegiatan ini mengatakan bahwa donor darah selain bermanfaat bagi orang yang membutuhkan darah sebenarnya juga berguna bagi si pendonor itu sendiri, menurutnya dengan mendonor akan embantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri.

Selain itu juga bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang, maka umsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Banyak nyawa bisa diselamatkan dan banyak harapan bisa diberikan dengan melakukan donor darah. Darah yang telah didonorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, atau bahkan bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu.

“Donor darah itu kegiatan yang baik. Kalau kami bantu uang ke orang, uang akan habis. Tapi darah akan mengalir di urat nadi dan memperpanjang hidup,” katanya.

Mengenai stock darah di Batam dia menerangkan bahwa setiap saat begitu banyak masyarakat Batam yang memerlukan darah datang ke PMI.

“Dan kadang untuk golongan darah tertentu kami kekurangan stock, maka stok darah yang ada di PMI pun sudah sewajarnya harus terus di pasok melalui kegiatan kegiatan seperti ini”.

Pos terkait