Ditempa Dengan Keras, Diharapkan Garda Metal Menjadi Pilar Yang Kokoh

  • Whatsapp

Bandung, KPonline – Sejak Jum’at malam (15/1/2021), Panitia Latihan Dasar Gabungan (Cimahi, Kab. Bandung Barat & Cianjur) Garda Metal ke-6 FSPMI yang diadakan di Ciwangun Indah Camp (CIC) Lembang Bandung Barat, sibuk mempersiapkan segala sesuatunya demi lancarnya kegiatan Latsar Gabungan ini yang dimulai pada hari Sabtu pagi Pukul : 08.00 WIB dan berakhir pada hari Minggu Pukul : 12.00 WIB. Panitia yang merupakan seluruh anggota Garda Metal Bandung Raya dan Perangkat FSPMI Bandung Raya diketuai oleh Ayi Turganda yang didampingi oleh Kadri Supriatna dan Bidin Supriono beserta seluruh anggota Panitia, sudah jauh-jauh hari mempersiapkan kegiatan Latsar ini.

Sabtu pagi para peserta Latsar Gabungan Garda Metal mulai berdatangan, setelah melakukan registrasi mereka langsung dikumpulkan dilapangan dan langsung mendapatkan pelatihan sambil dilakukan pengecekan kesiapan peserta. Hadir pula Garda Metal Nasional turut membantu menyukseskan kegiatan latsar ini.

Bacaan Lainnya

Pelatihan latsar garda Metal berupa penyampaian materi, pelatihan fisik, doktrin atau pemantapan serta uji ketahanan fisik dan mental. Kegiatan latsar ini belangsung selama hampir 30 jam tanpa henti, hanya diselangi waktu Sholat dan makan.

Seluruh peserta digemleng dengan cukup berat sehingga beberapa diantara peserta yang tidak memiliki ketahanan fisik yang kuat harus dibawa keruang medis untuk mendapatkan pertolongan, terlebih disaat masuk menjelang Magrib, hujan turun dengan derasnya sehingga menambah beratnya latihan karena suhu udara lembang yang dingin menjadi bertambah dingin dengan berbasah-basahan.

Pada malam harinya dilakukan pemantapan. Untuk menambah khidmat kegiatan ini, seluruh peserta ditempatkan ditempat yang sunyi, gelap dan berair, panitia memilih lokasi rawa bekas danau buatan yang airnya sedang surut. Dalam kondisi dingin ini peserta dikuatkan mental dan fisiknya serta diberi motivasi agar menjadi Garda Metal yang tangguh dan militan.

Setelah itu dilakukan caraka malam, peserta yang hanya berjumlah 43 orang ini dibagi menjadi 6 (enam) kelompok, masing masing kelompok dipimpin oleh satu orang ketua, setiap kelompok diberi tugas dan intruksi dari panitia selama menjalani kegiatan caraka malam ini. Dalam kegiatan caraka malam ini setiap kelompok diharuskan mencari jejak dan melewati Pos-pos panitia yang terdiri dari 7 ( tujuh ) pos.

Bisa dibayangkan dalam kondisi pakaian basah berada dialam terbuka yang dingin dan gelap harus berjalan dimedan yang terjal dan licin. Dalam kondisi seperti ini, bukan hanya peserta saja yang harus siap, tapi panitia pun perlu kesiapan yang matang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena kondisi peserta sudah cukup lelah setelah digemleng seharian.

Pukul 05.00 WIB pagi sesuai jadwal, seuruh peserta tiba di lokasi awal, setelah istirahat, solat dan sarapan, kegiatan dilanjutkan lagi dengan melakukan senam pagi dan game-game ringan. Sekitar Pukul 10.30 WIB dimulai upacara penutupan kegiatan Latsar Gabungan Garda Metal ke-6 FSPMI sekaligus pelantikan dan ikrar para anggota baru Garda Metal. Kegiatan selesai pada sekitar Pukul 12.00 WIB.

Selama kegiatan berlangsung, harapan dari semua pembimbing dengan pelatihan yang cukup berat ini diharapkan melahirkan Garda Metal yang tangguh, solid serta militan sesuai dengan moto Garda Metal, Rela Solid Lugas dan Sigap atau disingkat RESOLUSI dan memiliki wawasan diatas rata-rata. Garda Metal juga diharapkan benar-benar menjadi pilar yang bisa mejaga tegaknya FSPMI.

Kontributor Bandung
Asep Rosid

Pos terkait