Demi Kesejahteraan, FSPMI Minta Audiensi dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon

  • Whatsapp

Cirebon, KPonline – Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) Cirebon Raya, mengadu kepada wakil rakyat di Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon, Kamis (1/11/2018).

FSPMI berharap wakil rakyat bisa memberikan solusi dan menjalankan aspirasi FSPMI Cirebon Raya untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ketenagakerjaan di wilayah Cirebon dan kesejahteraan warga Cirebon.

Bacaan Lainnya

Audiensi dibuka langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon. Ketua komisi IV, Bejo menyampaikan, “Saya sangat mengerti dengan keadaan kawan-kawan buruh cirebon. Mudah-mudahan melalui audiensi ini kami dapat menekan dan merekomendasikan kepada pemangku jabatan yang berwenang, agar aspirasi kawan-kawan bisa terwujud.”

Dalam kesempatan ini Ketua KC FSPMI Cirebon Raya, Asep Feddy Hartono menyampaikan beberapa pokok permasalahan tentang upah 2019.

Diantaranya menolak kenaikan umk 2019 berdasarkan PP78/2015, menolak Pergub 54/2018, mempertanyakan kembali kajian UMSK cirebon dan mengkritisi Surat Edaran Kementerian Ketenagakerjaan yang akan memberikan sanksi kepada kepala daerah yang menetapkan umk tidak sesuai PP78/2015.

Disisi lain sekjen KC FSPMI Cirebon Raya, Moh. Machbub menambahkan beberapa poin permasalahan, diantaranya tentang bagaimana kesiapan pemerintah dalam menghadapi investasi yang masuk ke Cirebon.

Machbub mengatakan, “Karena percuma saja investor masuk, pendapatan daerah masuk, kalau tidak dibarengi dengan kesejahteraan pekerjanya. Nah pada kesempatan ini, kami minta pemerintah hadir untuk mengawal kesejahteraan rakyatnya.”

Sehubungan audiensi ini hanya dihadiri oleh Ketua Komisi IV saja, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pejabat terkait untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.

“Yang jelas bagi kami, apa yang disampaikan oleh kawan-kawan FSPMI, akan kami kawal. Namun kami juga harus tahu aturannya seperti apa, agar kami tidak melanggar aturan yang sudah ada. Intinya kami sama-sama berjuang untuk mensejahterakan warga Cirebon,” tambahnya.

Selain itu perwakilan dari Pimpinan PC SPAI, Agus Riyanto dan perwakilan dari Garda Metal, Iwan Gunawan menegaskan perlunya peran anggota dewan untuk ikut sama-sama membela dan memperjuangkan kesejahteraan buruhnya. Dalam hal ini warga Cirebon sendiri.

Pos terkait