Datang Dari Sebuah Keluhan, Kemudian Menjadi Anggota

Bandung Barat, KPonline – Kantor sekretariat Konsulat Cabang FSPMI Kabupaten Bandung Barat seperti tidak pernah sepi, selalu ada saja kegiatan terkait dunia perburuhahan disetiap Minggunya. Hal itu terbukti bahwa pada hari Minggu, 13 Oktober 2019. Suasana kantor sekretariat KC FSPMI KBB terlihat ramai dengan hadirnya calon PUK baru dari kawan-kawan PT. Palmastex yang beralamat di kampung Cigintung, desa Cangkorah, kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung barat.

Dengan bergabungnya calon PUK baru, maka secara otomatis anggota FSPMI akan bertambah. Saat ini anggota FSPMI di kabupaten Bandung Barat terus bertambah dan dengan begitu tidak menutup kemungkinan kedepannya FSPMI di KBB akan menjadi anggota yang mayoritas. Sehingga bisa ada yang duduk di Dewan Pengupahan dengan mendelegasikan perwakilan yang mempunyai syarat tertentu untuk menjadi Dewan Pengupahan di KBB.

Kami sebagai pengurus merasa senang sekaligus sedih dengan kedatangan calon PUK di FSPMI. Merasa senangnya karena bertambahnya anggota FSPMI di KBB dan pekerja mulai tertarik dengan serikat pekerja, tapi dibalik itu ada rasa sedihnya juga. Karena di wilayah KBB masih banyak pekerja yang belum mendapatkan hak-hak normatifnya, salah satunya terkait kepesertaan BPJS Kesehatan yang belum didaftarkan oleh pihak perusahaan.

Memang bukan hal yang tabu bahwa aturan ketenagakerjaan saat ini sedang diuji keberadaannya. Ditambah dengan isu pemerintah yang akan merevisi undang-undang Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003, salah satu pasal yang akan di revisi diantaranya pemangkasan pesangon dan itu jelas-jelas akan sangat menyengsarakan kaum buruh. Dengan adanya aturan yang sudah ditetapkan saja perusahaan banyak yang masih nakal, apalagi dengan adanya isu-isu ketenagakerjaan saat ini, hal tersebut bisa sangat dimungkinkan adanya perusahaan yang akan berbuat seenaknya dalam menjalankan peraturan-peraturan yang telah dipermudah oleh pemilik kebijakan.

Dalam memberikan pemahaman dan untuk meyakinkan calon anggota PUK baru tersebut, pengurus KC FSPMI KBB Dede Rahmat (sekretaris ketua bidang satu bidang organizer dan pendidikan) menyampaikan bahwa kawan-kawan PT. Palmastex harus paham terlebih dahulu dengan yang namanya serikat pekerja atau serikat buruh (SP/SB).

“Sebab kami FSPMI tidak begitu saja mudah menerima calon anggota PUK baru tanpa adanya komitmen dan pengucapan sumpah dalam pelantikan terhadap organisasi ini dan siap dalam memperjuangkan kesejahteraan anggotanya,” ungkap Dede Rahmat. (Lizz)