Data Keanggotaan Partai Buruh di Sipol KPU Sudah Hampir Sinkron Dengan Sipol Partai Buruh

Jakarta, KPonline – Permasalahan sistem dalam Sistem Informasi Partai Buruh (Sipol) KPU dalam unggah data keanggotaan Partai Buruh KPU RI disebut hampir selesai yang di sinkronkan dengan Sipol Partai Buruh. Kamis (4/8/22).

Said Salahudin, Kepala Badan Pengkajian Strategis Kepesertaan dan Pemenangan (BPSKP) Partai Buruh menyebutkan, pihaknya juga berupaya menyamakan persepsi soal desain Sipol KPU.

Bacaan Lainnya

“Kami menyepakati untuk kroscek data bersama antara admin Sipol Partai Buruh dan sejumlah operator Sipol partai buruh dengan pihak helpdesk atau petugas yang ditugaskan untuk menangani Sipol,” ujarnya Said

Saya sampaikan kurang-lebih per 16.00 Wib tadi, data anggota yang dikirimkan Partai Buruh ke Sipol KPU dan yang sudah tampil itu sudah hampir sinkron, walaupun masih terus dilakukan proses pengecekan atau kroscek bersama”, tambahnya said.

Sebelumnya, Partai Buruh merasa bahwa data keanggotaan yang sudah mereka kirim ke KPU RI tidak seluruhnya tampil.

Mereka khawatir, jika persoalan ini terus berlangsung, maka partainya bakal dirugikan karena dianggap tak memenuhi ambang jumlah anggota yang merupakan syarat partai politik lolos dan dinyatakan sebagai peserta pemilu.

Kini, Said menyampaikan, data keanggotaan Partai Buruh yang disetor ke KPU RI sudah mencapai sedikitnya 285.000 anggota.

Menurutnya, proses penghimpunan data keanggotaan ini masih terus berlangsung dan diklaim bakal mencapai 320.000 anggota.

Said juga menegaskan bahwa pihaknya tak pernah menuduh KPU RI menghapus data, melainkan masalah ini murni persoalan sistem.

“Sudah hampir tidak terlalu banyak perbedaan antara data yang kami sampaikan. Saya pastikan KPU sampai detik ini tidak pernah menghilangkan data partai. Saya pastikan dari komisioner, dari petugas helpdesk, dan sebagainya, data kami aman, artinya tidak ada pengurangan atau penghapusan data,” ujar dia.

Dari Pihak KPU RI menjelaskan di akhir Konferensi Pers dalam rangka mengkonfirmasi berbagai data sampai sore ini semua masalah itu sudah terjawab dan ini kami melakukan sinkronisasi datang dan kami cek kembali sebagai bentuk pelayanan dari kami tegaskan simpul-simpul sistem politik yang digunakan untuk kepentingan pendaftaran partai politik tidak bermasalah dan berfungsi dengan baik.

Daftar Sekarang

Pos terkait