Curug Cikondang : Keindahan Alam Cianjur Yang Tersembunyi

  • Whatsapp

Cianjur, KPonline – Curug Cikondang merupakan salah satu obyek wisata alam di Cianjur, yang belakangan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik, untuk menghabiskan masa liburan.

Air terjun alami ini mengalir dengan debit yang cukup deras pada saat musim penghujan, dengan tinggi mencapai 50 meter, dan lebarnya mencapai 30 meter.

Bacaan Lainnya

Pesona keindahan Curug Cikondang Cianjur ini sangat luar biasa. Bahkan karena begitu mempesonanya, Curug Cikondang seringkali dijuluki oleh warga masyarakat setempat dengan sebutan Niagara Mini-nya Indonesia.

Jadi tak heran bila banyak wisatawan, baik dari Cianjur dan sekitarnya maupun dari berbagai daerah lain, yang berbondong-bondong berpetualang menuju ke sana untuk menyaksikan panorama alam yang menakjubkan ini.

Jarak tempuh untuk menuju Curug Cikondang dari Cianjur Kota cukup lumayan jauh, yaitu sekitar 37 Km. Lokasi tepatnya di Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan roda dua, kemudian diparkir di area yang telah dipersiapkan disekitar pemukiman penduduk. Dilanjut lagi dengan berjalan kaki hingga sampai di lokasi, dari tempat parkir menuju curug sekitar kurang lebih 500 meter jauhnya.

Untuk tiket masuk ke Curug Cikondang pun masih terbilang cukup murah. Karena dengan Rp. 5.000, kita sudah bisa menikmati keindahan dan panorama alam yang jarang kita temui sehari-hari.

Mandi sepuasnya dibawah terpaan dan guyuran air yang terus mengalir tanpa henti. Dan tentu saja, berfoto bersama atau berswafoto, untuk dijadikan kenang-kenangan.

Panorama alam Curug Cikondang yang memanjakan mata tidak sekedar air terjun saja, tetapi juga pemandangan alam di sekitar air terjun yang hijau dan terlihat mempesona. Sehingga suasana yang nyaman dan asri di sana membuat betah pengunjung untuk berlama-lama menghabiskan masa liburan di sana.

Bila kamu hobi mengunjungi tempat wisata alam, maka air terjun Cikondang ini menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan.

Begitu juga dengan kamu yang setiap harinya sibuk beraktifitas di perkotaan, maka disarankan sesekali mengunjungi obyek wisata alam seperti ini. Hal ini tentu sangat bagus sebagai moment untuk menyegarkan diri atau hanya untuk sekedar menghilangkan rasa penat.

Sudah hal umum bila pemandangan air terjun Curug Cikondang akan menjadi tujuan utama. Akan tetapi, sebenarnya tidak hanya itu, ketika kita melakukan perjalanan atau petualangan menuju ke lokasi Curug Cikondang juga akan disuguhi bentangan alam yang menakjubkan.

Sebab, disetiap perjalananmu, kamu dapat menemui banyak sekali pemandangan yang indah mempesona, misalnya saja seperti pemandangan persawahan dan perkebunan, rerumputan, perbukitan, tebing-tebing, hutan, sungai mengalir, dan lain sebagainya. Keindahan alam seperti itu tidak akan bisa ditemui di kawasan perkotaan.

Ini akan mejadi momentum yang tak terlupakan bagi kita, dalam menikmati setiap jejak perjalanan hingga tiba di lokasi wisata Curug Cikondang.

Bagi warga masyarakat yang berada di Cianjur dan sekitarnya, sayang sekali bila belum mendatangi tempat secantik dan seindah ini. Akses jalan dan transportasi umum memang menjadi masalah utama.

Sebenarnya akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Campaka dengan Jalan Raya Cibeber sudah lumayan bagus, akan tetapi jalan setapak yang menuju lokasi Curug Cikondang kondisinya kurang bagus, sehingga dibutuhkan usaha dan tenaga ekstra yang lebih untuk bisa sampai di lokasi. (RDW)

Pos terkait