Calon Pemimpin FSPMI Kabupaten Bandung Barat di Masa Depan

  • Whatsapp

Bandung, KPonline – Yandi Setiawan atau biasa di sapa Agil, Terlahir dari keluarga sederhana berusia 33 tahun yang lalu, dia tinggal di sebuah kampung yang saat ini sudah menjadi Kawasan Industri di Kabupaten Bandung Barat, Selain berolahraga ia juga senang bermain musik ia juga pernah punya grup band metal pada waktu itu.

Jiwa sosial yang tinggi dan jiwa kepemimpinan nya sudah terlihat sejak ia masih duduk di bangku SMA, Sejak saat itu ayah dua anak ini sudah mulai aktif di organisasi Karang Taruna bahkan sudah menjadi Staf RW di Kampung nya.

Bacaan Lainnya

Bermodalkan secarik kertas Ijazah SMA ia pun mulai masuk ke dunia Industri, bukan untuk menjadi investor atau CEO namun hanya untuk menjadi buruh atau pekerja biasa yang di upah dengan upah minimum itu pun masih jauh dari kata sejahtera.

Di Perusahaan Textile yang ada di Kabupaten Bandung Barat ia bekerja, beberapa tahun bekerja siang dan malam akhirnya harus di PHK dengan alasan habis Kontrak atau PKWT nya tidak di perpanjang.

Karena waktu itu ia belum paham betul aturan tentang Ketenagakerjaan apalagi Serikat Pekerja dan akhirnya ia juga menerima walaupun dengan berat hati, Tapi tak sampai di situ dia berhenti, dengan semangat yang tinggi dan ada yang harus di nafkahi ia pun mencoba peruntungannya di perusahaan lain, selang beberapa bulan akhirnya ia pun di panggil dan bekerja di salah satu Perusahaan Daur Ulang Plastik terbesar se Asia Tenggara yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, dengan Status Kerja PKWT atau Kontrak, ia bekerja sebagai Operator di bagian Produksi Botol kemasan di perusahaan tersebut, dua tahun berlalu alih alih di angkat menjadi Pekerja Tetap atau PKWTT ia bersama teman temanya malah di putus Kontrak atau PKWT.

Dan jika masih ingin bekerja di Perusahaan ini kata (Personalia) kalian harus tanda tangan PKWT baru namun, PKWT tersebut bukan langsung dengan perusahaan yang bersangkutan melainkan dengan perusahaan lain (Outsourcing) dan ia dan Kawan-kawan lainnya masih tetap bekerja di inti produksi.

Dari sinilah awal mula perjuangannya Yandi dan Kawan-kawan bersama FSPMI, bermodalkan keberanian dan daya juang yang tinggi terbentuk lah salah satu PUK FSPMI di perusahaan tersebut,
Berangkat dengan 52 orang anggota nya dan Yandi di percaya sebagai Sekretaris di PUK tersebut,

Konsolidasi terus di jalankan, Pendidikan Demi Pendidikan terus mereka lalui, hanya bermodalkan keberanian
Dan mulai memperselisihkan kasusnya tersebut, berkat tangan dingin seorang Dede Rahmat yang saat ini sebagai Sekretaris DPW FSPMI Jawa Barat, Yandi Setiawan menjelma menjadi sosok Pemimpin buruh di PUK nya tersebut, Berbagai intimidasi sudah tentu selalu mereka dapatkan, namun bukannya mudur Yandi dan Kawan-kawan malah makin bersemangat untuk berjuang.

Dan hasilnya pun memuaskan dari yang tadinya Outsourcing sekarang Yandi dan Kawan-kawan sudah berhasil membuat semua anggota nya menjadi Karyawan PKWTT, bukan hal mudah hanya sekedar ingin menjadi Karyawan PKWTT kita harus berjuang tak kenal lelah, berbagai intimidasi sudah tidak mereka hiraukan ancaman ancaman sudah menjadi makanan sehari-hari.

Mulai dari 52 anggota kini PUK SPL FSPMI PT. NAMASINDO PLAS sudah 70% dari seluruh Karyawan di Perusahaan tersebut sudah menjadi anggota FSPMI, berkat kegigihan Yandi dan Kawan – kawan dan polesan tangan dingin Dede Rahmat, PUK FSPMI PT. Namasindo Plas kini menjadi motor pergerakan buruh di Kabupaten Bandung Barat.

Dan FSPMI Bandung Barat sendiri awalnya 4 PUK kini sudah ada 20 PUK lebih, PUK yang masuk menjadi anggota FSPMI pastinya menginginkan perubahan di perusahaan nya masing-masing, karena di Kabupaten Bandung Barat masih banyak Perusahaan – perusahaan yang membayar gaji di bawah UMK dan tidak di daftarkannya menjadi anggota BPJS, dari situlah seorang Yandi Setiawan kader terbaik FSPMI Bandung Barat di utus oleh Dede Rahmat Sekretaris DPW FSPMI Jawa barat mewakili FSPMI untuk duduk di Dewan Pengupahan Kabupaten Bandung Barat.

Peran Aktif seorang Yandi Setiawan di FSPMI sangatlah menonjol, selain di percaya untuk duduk di Dewan Pengupahan Kabupaten Bandung Barat ia juga dipercaya menangani beberapa PUK yang saat ini sedang berselisih, ia pun kerap menjadi orator pada saat aksi buruh di Bandung Barat, Dan ia juga adalah Calon Pemimpin FSPMI di masa yang akan datang.

“Kutipan seorang Yandi” Yang membuat manusia menjadi mahluk unggul di bumi adalah kemampuannya untuk bekerja sama dengan manusia lainnya. Pendek kata, manusia mampu berorganisasi. Dengan kemampuan ini, manusia menciptakan berbagai alat yang membantu pelestarian diri sekaligus perkembangan dirinya. Kerja sama di dalam sebuah organisasi mampu mendorong manusia melakukan hal-hal yang tak mungkin dilakukan, jika ia bekerja sendiri. (Kang Maung)

Pos terkait