Buruh PT Mulia Lestari Bergabung Dengan FSPMI

  • Whatsapp

Bandung, KPonline – Kondisi buruh sekarang ini sungguh sangat memprihatinkan. Apalagi ketika ada berbagai ancaman dan intimidasi yang sering dilakuan oleh perusahaan terutama bagi karyawan yang berstatus kontrak/ PKWT.

PHK adalah momok yang menakutkan bagi kaum pekerja. Jangankan untuk mengalami, mendengar kata PHK saja sudah membuat bulu kuduk merinding. Inilah senjata ampuh pihak pengusaha untuk menakuti pekerja yang selalu tertanam di benak pekerja.

Bacaan Lainnya

“Da aku mah apa atuuh. Hanya karyawan kontrak”. Itulah kata yang selalu terucap dari mulut si pekerja sebagai tanda bahwa si pekerja hanya mampu menerima apa yang terjadi tanpa mau melakukan usaha melawan. Padahal jelas pekerja dilindungi UU No 13 tahun 2003.

 

Dilatar belakangi kondisi tersebut, buruh PT Mulia Lestari yang bergerak di bidang textile yang berlokasi di Jl. Cibaligo KM 1,7 Cimindi Cimahi mulai bangkit dan bergabung bersama FSPMI dengan membentuk PUK SPAI FSPMI PT. Mulia Lestari.

Hendrayana selaku Ketua PC SPAI FSPMI Bandung Raya memberikan motivasi agar PUK yang baru bergabung bisa memantapkan diri sepenuh hati berjuang untuk merubah paradigma menakutkan tentang PHK.

Organisasi adalah tempat yang sangat baik untuk berdiskusi, mengemukakan pendapat, sarana pendidikan termasuk sarana untuk mencari solusi jika ada masalah. Organisasi harus di bangun dari rasa kesadaran diri, bukan paksaan.

Dengan berorganisasi kita akan mampu meningkatkan daya tawar terkait hak normatif yang wajib didapatkan pekerja karena pengusaha akan selalu melihat organisasinya bukan melihat pekerjanya.

PHK bukan merupakan alasan pekerja masuk organisasi, justru tanpa organisasi pekerja akan lebih sulit mendaptkan haknya jika terkena PHK bahkan tidak memnadapatkan haknya sama sekali.

Sebaliknya jika pekerja ada dalam organisasi, sudah merupakan tanggung jawab organisasi untuk melindungi, menyelasaikan masalahnya.

PHK bukan untuk ditakuti, tapi untuk di sikapi karena hal tersebut pasti akan di alami oleh yang namanya pekerja. tegas Hendrayana di akhir ucapannya.

Inilah struktur Kepengurusan PUK SPAI FSPMI PT Mulia Lestari

Ketua : Heri Gunawan
Wakil Ketua 1 : M. Taufiq
Wakil Ketua 2 : Henri Heriyadi

Sekretaris : Cep Hernan
Wakil Sekretaris 1 : Budi Arianto
Wakil Sekretaris 2 : David Dwi Nanto
Bendahara : Abdul Wahab. S

Selamat bergabung PUK SPAI FSPMI PT Mulia Lestari, selamat bertugas, dan selamat berjuang. ( BJ/Bandung )

Pos terkait