Antri, Jangan Ragu Manfaatkan ATM Lain Untuk Pengambilan Tunai

  • Whatsapp

Batam,KPonline – Menjelang lebaran seperti ini, sudah hampir di pastikan semua mesin ATM bank bank besar seperti Mandiri dan BCA selalu ramai dan panjang antriannya.

Di sisi lain ATM bank yang kecil pemandangan kontras dan hampir tidak ada antrian sama sekali.Belum lagi jika kita mudik lebaran dan tidak ada ATM Bank tempat kita membuka rekening, tentu akan menjadi masalah besar.

Bacaan Lainnya

Para nasabah bank biasanya selalu mengambil uang secara tunai di ATM sesuai dengan bank tempat ia membuka rekening, selain alasan keamanan mereka berasalan tak mau terkena biaya administrasi jika harus mengambil uang tunai di ATM bank lain. Belum lagi jika ada masalah jika transaksi gagal atau ATM tertelan.

Lantas berapa sesungguhnya biaya yang di bebankan kepada nasabah jika harus mengambil uang tunai di ATM bank lain. Dari penelusuran, untuk ATM yang berlogo ATM Bersama, ternyata biaya tarik tunai di ATM yang berlogo ATM Bersama tergolong sangat kecil.

Dan nasabah yang bertransaksi melalui ATM Bersama tidak selalu dikenakan biaya. Hal ini tergantung pada kebijakan dan strategi ke nasabah masing-masing bank penerbit kartu.

Beberapa bank bahkan tidak mengenakan biaya sama sekali atau gratis. Namun beberapa bank menerapkan biaya kepada nasabahnya, nilai biaya yang dikenakan pada nasabah maksimal, tarik tunai Rp 7,500, transfer Rp 6,500, cek saldo Rp 4,000.

Jika transaksi nasabah bermasalah, semisal rekeing terdebet namun uang tidak keluar. Nasabah dapat melakukan complaint hal tersebut kepada bank penerbit kartu.

ATM Besama juga memiliki standar layanan dan telah disepakati oleh semua anggotanya. Bahwa jika nasabah yang claim tersebut benar, maka dana yang terdebet harus langsung diganti. Selanjutnya akan diproses claim yang melibatkan pihak-pihak terkait dengan menyedakan bukti transaksi masing-masing.

Mulai sekarang cek kartu ATM kita bila ada logo ATM Bersama di bagian belakang kartu berarti bisa menikmati fasilitas ATM Bersama di seluruh Indonesia.Untuk mengetahui apakah ATM bank disekitar kita adalah anggota dari ATM Bersama atau bukan, pastikan logo ATM Bersama pada mesin ATM atau di pintu kaca anjungan ATM tersebut.(Ete)

Pos terkait