Alasan Isoman, Manajemen Schneider Batam Tak Hadiri RDP Kasus PHK Pengurus Serikat FSPMI

  • Whatsapp

Batam,KPonline – Kasus PHK sepihak yang di lakukan PT Schneider Batam terhadap salah seorang pengurus serikat pekerja FSPMI Zulkarnaen terus bergulir. Kemarin Rabu (7/7) giliran Komisi IV DPRD Batam melakukan RDP dengan memanggil semua pihak terkait. Sayangnya pihak manajemen memilih tidak hadir dengan alasan pihak yang mewakili manajemen sedang menjalankan isolasi mandiri.

Anggota Komisi IV DPRD Batam, Mohamad Mustofa dalam RPD tersebut mengatakan bahwa dari hasil RDP Zulkarnaen tidak melakukan kesalahan kerja,akan tetapi lebih mengarah ke performance kerja. Ia juga meminta disnaker untuk tetap menjalankan tugasnya untuk melanjutkan kembali mediasi sampai selesai.

Bacaan Lainnya

Menurut Mustofa Indikator alasan pemutusan hubungan kerja tidak ia ditemukan. Ia juga berjanji akan kembali menyurati manajemen untuk datang dalam RDP selanjutnya.

Sementara itu pihak Disnaker juga mengungkapkan bahwa masalah Zulkarnaen hanya permasalahan performance kerja . Sedangkan performance kerja tidak dapat di jadikan alasan PHK.

Seperti di beritakan sebelumnya PT Schneider Batam di duga lakukan union busting (pemberangusan serikat ) dengan melakukan PHK sepihak kepada salah seorang pengurus serikatnya yaitu Zulkarnaen. Kepada media Zulkarnain mengatakan bahwa PHK yang di lakukan terhadapnya dinilai tidak prosedural karena di lakukan oleh manajemen Schneider Batam dengan alasan yang mengada-ada

“ Saya katanya under perform dan karenanya saya memperoleh SP1 dan 2 dan diberikan dalam waktu dan hari yang sama dengan alasan under performance” Ungkapnya. Zulkarnaen di PHK dengan alasan tidak perform setelah di tambahi pekerjaan.

Menurut Zulkarnaen dirinya sebelumnya berada di departemen meteorologi dan belakangan ia di beri tambahan sebagai SQA, dan di posisi barunya ini ia di nyatakan tidak perform yang menyebabkan ia di PHK.

PT Schneider Electric Manufacturing Batam (SEMB) merupakan perusahaan yang fokus pada bidang electric, berasal dari negara Perancis yang sebelummya pabrik ini bernama PT.Telemecanique Manufacturing Batam dan berdiri pada tanggal 16 Agustus 1991, dan sekarang bernama PT.Schneider Electric Manufacturing Batam.(Ete)

Pos terkait