Warga Sudah Meninggal tapi Masih Diberi Formulir C6 Pilkada Bekasi

  • Whatsapp

Cikarang Selatan,KPonline – MEMASUKI masa tenang jelang Hari Pemungutan Suara pada Rabu 15 Februari 2017 nanti, sejumlah formulir pemberitahuan pemungutan suara atau C6-KWK Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda ditemukan di sejumlah wilayah Kabupaten Bekasi.

Ini diungkap Tim Pemenangan Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 3 Obon Tabroni-Bambang Sumaryono (OBAMA).

Bacaan Lainnya

Ketua Tim Pemenangan OBAMA, Mad Yasin menyebut pihaknya menemukan 5 kejanggalan yang berpotensi kecurangan pada Hari Pemungutan Suara nanti.

“Adanya Formulir C6-KWK ganda. Satu orang mendapat dua atau lebih Formulir C6-KWK. Formulir C6-KWK diberikan kepada orang yang bukan namanya tertera di form. Ada Formulir C6-KWK untuk orang yang sudah meninggal dan sudah pindah. Formulir C6-KWK dibagikan bukan oleh anggota KPPS, melainkan oleh RT dan Ibu RT. Banyak penduduk ditempatkan di TPS yang jauh dari rumah tinggalnya,” jelasnya, Senin (13/02/2017).

Menurut Mad Yasin,beberapa temuan ini menyalahi ketentuan seperti masalah kewenangan siapa yang membagikan formulir tersebut.

“Implikasi lain dari temuan kami tersebut adalah potensi orang tidak datang ke TPS karena tidak terinformasi atau malas karena lokasi TPS sangat jauh dari rumahnya”.

Selanjutnya kata Mad Yasin, pihaknya akan melengkapi bukti dan melapor pada KPUD dan Panwaslu Kabupaten Bekasi.

“Temuan ini sedang kami lengkapi alat buktinya. Sebagian sudah ada. Kalau sudah lengkap akan kami sampaikan ke KPUD dan Panwas. Mudah-mudahan ini cuma masalah koordinasi. Bukan sebuah rencana kecurangan yang sistemik dan terstruktur,” pungkasnya

Sumber : GoBekasi

Pos terkait