Tolak Penetapan Upah Berdasarkan PP 78 , GM FSPMI Medan Sweeping Kawasan Industri

Medan, KPOnline- Garda Metal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (GM FSPMI) Kota Medan sweeping ratusan pabrik yang berada di Kawasan Industri Medan (KIM) dalam Aksi Bela Upah, Senin (29/10/2018).

Aksi grebek atau yang biasa disebut sweeping ini bertujuan untuk menghadirkan perwakilan buruh dari beberapa pabrik untuk bersolidaritas/ mengikuti aksi yang digelar oleh FSPMI Sumut di Kantor Gubernur dan kantor DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Dipimpin oleh Apen Manurung selaku Kordinator Daerah (Korda) GM FSPMI SUMUT, sweeping ini di ikuti oleh seratusan anggota GM dan Pimpinan Unit Kerja (PUK) PT. Jhuisin Indonesia.

“hal ini kami lakukan sebagai bentuk perlawanan akibat di tetapkannya UMP Sumatera Utara yang berdasarkan PP78/2015. Jika tidak melakukan perlawanan maka penderitaan kaum buruh semakin parah”jelasnya.

“Kami akan terus melakukan hal yang sama (sweping) bahkan lebih ngotot lagi jika tidak ada perubahan tentang UMP Sumut”tegas Apen.

Sweping ini sendiri digelar mengelilingi KIM, mulai dari KIM satu (1), KIM dua (2) dan KIM tiga (3).

Terlihat antusias para buruh yang ikut melakukan swepingan maupun buruh yang di sweping.

“saya sangat bersedia ikut aksi. Ya pabrik saya tadi di sweping. Ini hal yang bagus untuk saya. Karena saya merasakan kenaikan harga-harga kebutuhan, dan jika upah hanya naik sebesar 8,03% maka akan berdampak ketidak stabilan tentang kehidupan buruh, Pengeluaran yang tidak sebanding dengan pendapatan” terang Alvian salah satu peserta yang di sweping dan mengikuti aksi bela upah hari ini.

Alvian juga mengatakan agar pemerintah memperhatikan hal tersebut. (Eko S)

Facebook Comments