Terkait PHK Ratusan Buruh PT FNG, Kasudinaker Keluarkan Surat Klarifikasi

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Pihak manajemen PT. FNG masih bersikeras dengan keputusan, PHK terhadap 282 pekerjanya mereka anggap sudah final.

Mereka juga berpendapat bahwa surat PHK yang diterbitkan sudah di sounding kepada pihak sudinaker Jakarta Timur. Tidak percaya begitu saja, perangkat PC SPAI DKI segera menghubungi Kepala sudinaker Jakarta Timur, Atok Baroni via telpon di hadapan tim perundingan kedua belah pihak.

Atok membenarkan adanya surat permohonan penetapan PHK tersebut yang diterima pada 23 Agustus 2018, tapi dalam hal ini kasudinaker tidak dalam kapasitas memberikan statement atau pernyataan menyetujui PHK tersebut.

Pernyataan kasudinaker Jakarta Timur ini kemudian dikuatkan lagi dengan keluarnya surat tertulis klarifikasi dari sudinaker nomor : 1332/48353 tertanggal 28 Agustus 2018 yang ditandatangani langsung oleh Atok Baroni yang menyatakan bahwa pemutusan hubungan kerja harus berproses sesuai prosedur UU no. 2 tahun 2004 Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

PC SPAI FSPMI DKI masih melakukan kajian mendalam untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Kemungkinan kita akan mengajukan surat pemberitahuan mogok kerja dan unjuk rasa, dan ini masih kita diskusikan.” ujar Kardinal, Ketua PC SPAI FSPMI DKI Jakarta.

Sampai berita ini diturunkan, massa aksi masih bertahan di pelataran pabrik melakukan orasi penyemangat secara bergantian.

(RJ).