Tak Memiliki Jaminan Kesehatan, Nenek Suwanih Bertahan Hidup Lawan Penyakitnya

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Jamkeswatch Bekasi kembali temukan warga terlantar yang terbaring sakit dengan tempat tinggal seadanya. Bersama Uun Marpuah, istri dari Obon Tabroni (anggota DPR RI Komisi IX), beberapa orang relawan Jamkeswatch mendatangi kediaman Suwanih, perempuan tua yang beralamat di Kampung Gelam RT/RW 01/001, Desa Sukahurip, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi.

Rismanto, Burhan, Lena Haryani, dan Sopri yang ditemani oleh RT setempat bergegas untuk melihat kondisi Suwanih. Sungguh sangat mencengangkan ketika Uun Marpuah bersama tim Jamkeswatch tiba dirumahnya.

Suwanih terlihat terbaring kaku dengan merasakan rasa sakit yang dideritanya. Uun Marpuah pun bergegas untuk melihat keadaan rumah Suwanih di sekelilingnya. Dengan kepeduliannya, tim Jamkeswatch membantu untuk membenahi keadaan rumah yang berserakan.

Dengan penuh haru Uun Marpuah merasa tidak tega melihat kondisi Suwanih yang serba apa adanya. Saat itu juga sempat terjadi perbincangan antara Uun, bersama tim Jamkeswatch kepada Suwanih untuk segera dilakukan pengobatan atas penyakit yang dideritanya.

Menurut keterangan Uun kepada tim Media Perdjoeangan, harus ada kontribusi aparatur desa setempat dalam kasus seperti ini.

“Masalah seperti ini jangan sampai berlarut-larut, agar segera cepat tertangani. Jangan jadikan hal seperti ini suatu kebiasaan dikabupaten Bekasi,” tandasnya, Jumat (20/12).

Lebih lanjut Uun menegaskan keprihatinannya karena masih ada di Kabupaten Bekasi yang belum memiliki jaminan kesehatan.

“Rumah saja sudah tidak layak huni bagaimana mau hidup sehat, penyakit pembengkakan jantung serta pengapuran yang diderita ibu Suwanih itu bukan penyakit biasa, jangan anggap spele dengan penyakit itu,” tambahnya dengan mata berkaca-kaca.

Salah satu relawan Jamkeswatch Bekasi mengungkapkan, masih banyak warga tidak mampu yang kurang perhatian dari instansi terkait. Senada disampaikan oleh Jamkeswatch lainnya ketika masih berada dikediaman ibu Suwanih.

“Justru saya berharap tim Jamkeswatch bisa terus memantau bagaimana sisi layanan kesehatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Ini jelas harus jadi perhatian buat pemerintah setempat, untuk segera menangani terkait penyakit yang diderita ibu Suwanih,” pungkas salah satu relawan Jamkeswatch. (Jhole)