Tak Hanya Berkutat di Pabrik, Buruh Juga Mampu Berkreasi dan Berinovasi

  • Whatsapp

Cirebon, KPonline – Rutinitas seorang pekerja lebih banyak berkutat di lingkungan pabrik. Hampir sebagian waktunya digunakan untuk bekerja dan tak jarang harus lembur. Namun ada salah satu pekerja yang disela-sela waktunya mampu untuk mengembangkan hobinya bahkan bisa mendatangkan nilai ekonomis disamping kesenangan yang dia dapat.

Pekerja ini bernama Arief Munadi, salah satu pengurus PUK SPAI FSPMI PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, dan juga anggota Garda Metal. Pria yang akrab disapa Arief ini mempunyai kemampuan membuat Aquascape yang juga merupakan hobinya. Saat ditanya kenapa dia menyukai aquascape Arief pun menjelaskan alasannya.

Bacaan Lainnya

“Saya membuat Aquascape berawal dari kesukaan saya didunia seni dan untuk mengisi waktu luang sepulang kerja dan juga ini adalah salah satu hobi yang bisa menghilangkan kepenatan setelah bekerja di perusahaan tempat saya bekerja”, kata Arief saat ditemui di kediamnnya di daerah Getasan, Cirebon, Sabtu(23/1/2021).

Menurutnya, Aquascape bukan sekedar Aquarium biasa. Baginya ada nilai seni tersendiri yang bisa dinikmati. “Setiap orang yang memandangnya dibikin seolah-olah berada di kedalaman sungai atau alam liar tergantung dari tema yang diambil”, tambahnya.

Sejatinya Aquascape adalah seni dalam menata isi tank kaca menjadi miniatur alam bawah air yg sesungguhnya, karena semua biotanya terbuat dari tanaman hidup yang bisa tumbuh dan hidup di dalam air oleh karena itu jika seseorang mempunyai Aquascape maka harus bisa untuk merawatnya.

Saat ditanya apakah membuat Aquascape setelah melalui proses belajar atau kursus, Arief menjawab disertai senyum simpul, “Awalnya saya hanya iseng-iseng mencoba membuat Aquascape sendiri untuk di rumah, sekedar mengisi waktu luang saja dan tidak mentargetkan harus selesai kapan, yah bisa dikatakan sambil menyeruput kopi”, ungkapnya.

Ternyata kemampuannya ini diketahui oleh rekan kerja dan tetangga. Tahu kalau bisa dan sering membuat Aquascape ternyata teman kerja dan tetangganya tertarik untuk dibuatkan Aquascape olehnya walaupun menurutnya Aquascape buatannya biasa-biasa saja akan tetapi mereka merasa puas dengan hasilnya. Atas kemapuannya ini dia pun mendapatkan imbalan atas itu dan akhirnya hobi Aquascapenya bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Menurut keterangannya, saat ini sudah banyak yang memesan Aquascape buatannya. Baginya besarnya nominal uang yang didapatkan bukanlah hal yang utama saat ini. Namun baginya bisa mengembangkan hobi dan membuat karyanya dinikmati orang lain sangat luar biasa untuknya.

 

Pos terkait