Tak Banyak Basa-basi, SPL FSPMI Tangerang Dirikan Koperasi

  • Whatsapp

Tangerang, KPonline – Salah satu pilar dari 5 pilar Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) adalah INKOBUMI atau INDUK KOPERASI BURUH METAL INDONESIA ). Berangkat dari kesadaran dan cita-cita untuk meningkatkan kesejahteraan anggota serikat pekerja, terutama untuk anggota SPL FSPMI di Tangerang Raya.

Berawal dari gagasan itu, maka
Pimpinan Cabang SPL FSPMI beserta beberapa perwakilan puk dan pengurus dari tiap PUK SPL FSPMI se-Tangerang Raya mengadakan konsolidasi dan sosialisasi membahas gagasan tersebut. Hingga akhirnya gagasan itu bisa di setujui, dan diterima.

Sabtu ( 29/07/207) bertempat dikantor Sekretariat Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Tangerang, sebanyak 70 orang perwakilan dari seluruh PUK SPL FSPMI se-Tangerang, melaksanakan musyawarah untuk mufakat, dengan hasil musyawarah “pendeklarasian pembentukan Koperasi Serikat Pekerja Logam”.

Saat dikonfirmasi oleh Tim Media Perdjoeangan Daerah Tangerang, menyangkut gagasan tersebut, Ketua PC SPL Tangerang Suprianto, menyatakan bahwa ” Tahun 2017 adalah tahun kebangkitan ekonomi, maka sangatlah penting bagi para buruh untuk membangun kesejahteraan ekonominya. Dimana Koperasi adalah salah satu pilihan terbaik, karena koperasi bisa sebagai sarana atau wadah yang mumpuni.

Senada dengan pernyataan Suprianto, salah satu pengurus Pimpinan Cabang SPL FSPMI lainnya, Kristian Lelono mengatakan: “Selain sebagai sarana untuk mensejahterakan anggota, melalui koperasi juga akan tercipta tatanan ekonomi dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkeadilan berlandaskan Pancasila.”

“Dengan melalui prinsip-prinsip keanggotaan yang bersifat sukarela. Pengelolaan dilakukan secara demokratis. Pembagian sisa hasil usaha yang dilakukan secara adil dan sebanding dengan besarnya jasa usaha masing masing anggota. Pemberian balas jasa yang adil terhadap modal Kemandirian,” lanjutnya.

Dalam musyawarah mufakat pendeklarasian pembentukan koperasi ini juga sekalian memilih nama-nama pengurus.

Berikut adalah nama – nama pengurus yang dipilih secara aklamasi :

1. Ketua : Diding
2. Wakil Ketua : Jejen Mustofa
3. Sekertaris : Trianto
4. Bendehara: (1) Muklis, (2) Erna
5. Ketua Pengawas : Kristian Lelono
6. Anggota pengawas : Nadif
7. Anggota pengawas : Isroil.

Dalam kesempatan ini, Pengurus Koperasi Yang baru di bentuk, langsung membuka pendaftaran bagi calon anggota koperasi, dengan cara mengisi formulir pendaftaran, sebagai komitmen untuk turut bergabung menjadi anggota koperasi.

Kontributor Tangerang, RD Rizal N/ Jejen Mustofa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *