Social Impact Assessment (SIA) PTPN III DLAB3 Berjalan Sukses

AekNabaraKoran,KPonline -Social Impact Assessment (SIA) adalah suatu metodologi untuk mereview pengaruh-pengaruh sosial, budaya dan ekonomi dari beroperasinya suatu perusahaan dan intervensi-intervensi pembangunan yang lain.

Tujuan SIA adalah untuk mengidentifikasi efek yang diinginkan dan tidak diinginkan dari intervensi yang direncanakan.

Pantauan Wartawan Koran Perjoeangan.Com Kamis (09/07) bertempat di Aula PT Perkebunan Nusantara III (PTPN.III) Kebun Aek Nabara Utara (KANAU), PTPN III se Distrik Labuhanbatu3 (DLAB3) melaksanakan kegiatan SIA.

Pelaksanaan SIA dipimpin langsung oleh Zukifli Lubis, Konsultan pembentukan dokumen SIA dari Lembaga Penetelian Universitas Sumatera Utara.

Hadir dalam kegiatan seluruh APK PTPN III se DLAB3, para stakeholder perusahaan PTPN III yang terdiri dari unsur Muspika Kecamatan Bilah Hulu, Kepala Desa, Pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),Jurnalis,dan Pengurus Serikat Pekerja Perkebunan (SPBun) Basis PTPN III se DLAB3.

Monang Simanjuntak Pimpinan LSM.Roda Transparansi, dalam kesempatan menyampaikan saran dan pendapatnya” Hubungan masyarakat dengan perusahaan cukup harmonis, hanya permasalahan Comodity Social Responsibility ( CSR) yang kurang signifikan, terutama bantuan mobiler disekolah-sekolah sekitar lingkungan perusahaan yang rata-rata kondisinya sudah tidak layak, dan menurut informasi dari pihak sekolah sudah diajukan tetapi belum ada tindak lanjut.”Papar Monang Simanjuntak.

Kemudian Pimpinan LSM.Roda Transparansi ini, melanjutkan” Ada kesan pembiaran yang dilakukan oleh perusahaan terhadap aset, seperti lokasi bekas perumahan karyawan yang ada di Aek Nabara, lokasi bekas pabrik karet yang terletak di Sigambal Rantauprapat, agar aset ini tetap dalam kondisi aman kiranya perusahaan segera melakukan tindak lanjut tentang aset ini, sebab dikwatirkan dengan adanya kesan pembiaran akan mengundang pihak-pihak tertentu untuk menguasai aset dimaksud” Sebutnya.

Sedangkan pihak yang mewakili Kecamatan Bilah Hulu, lebih menyoroti tentang penerimaan pekerjs di PTPN III se DLAB3″ Dalam hal penerimaan pekerja kami meminta agar lebih mengutamakan dari anak-anak setempat, sebab sesuatu yang sangat janggal perusahaan berada di daerah ini, tetapi pekerjanya dari luar daerah, hal ini tentu akan berdampak kepada terjadinya kecemburuan sosial, dan pelaksanaan penerimaan tidak lagi dilakukan di Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Kampus Medan, karena akan sangat menyulitkan masyarakat utamanya terkait dengan biaya transportasi, penginapan dan makan selama di Medan.Sebutnya.

Menanggapi saran dan masukan dari para peserta, Zulkifli Lubis, Konsultan Dokumentasi SIA dari Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara,mengatakan”masukan berupa saran dan pendat, semuanya sangat bagus dan akan kita rangkum semua untuk kemudian disampaikan kepada perusahaan” Tutupnya.

Pelaksanaan SIA di PTPN III DLAB3 berjalan lancar, kundusif dan sukses ” (Anto Bangun)