Siapa Bilang Berserikat Itu Tak Ada Untungnya

Batam,KPonline – Jika kita bekerja di pabrik yang ada serikat pekerjanya , maka akan sangat terasa berbeda sekali dengan perusahaan atau pabrik yang tidak ada serikat pekerjanya . Baik itu dari aturan,hak karyawan, bahkan dari system upahpun pasti akan berbeda. Banyak di antara kita para pekerja yang masih awam tentang dunia Serikat Pekerja (SP). Kurangnya informasi yang di miliki tentang Serikat pekerja tidak jarang membuat pekerja itu sendiri kerap menjauh dari serikat pekerja bahkan mengalami phobia. Kondisi ini semakin diperparah oleh image atau pandangan yang negatif terhadap Serikat Pekerja.

Nah, pandangan seperti ini yang harus dibuang sehingga ada keberanian dan keinginan yang kuat dari setiap pekerja untuk menyatukan dirinya ke dalam wadah Serikat Pekerja.

Bacaan Lainnya

Seperti kita ketahui manfaat berserikat sangatlah banyak bagi pekerja, selain menjalin komunikasi antara pekerja/buruh dengan pekerja/buruh yang notabene memiliki kesamaan kepentingan dan kesamaan hak, kita juga mendapatkan advokasi atau pembelaan dari persoalan yang merugikan pekerja jika pengusaha atau pimpinanan melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang telah diatur di dalam Undang-Undang.

Bergerak bersama-sama untuk memperjuangkan kepentingan atau hak pekerja/buruh. Dimana sangatlah berbeda kondisinya jika perjuangan hak dilakukan sendiri-sendiri dengan jika dilakukan secara bersama-sama (kolektivitas).

Dari penjelasan di atas, mungkin kita perlu memahami dan menyadari betapa pentingnya untuk membangun/membetuk Serikat Pekerja/buruh, karena sesungguhnya kekuatan pekerja/buruh adalah ketika mereka bersatu dan bahkan kekuatan yang paling dahsyat di dunia ini adalah kekuatan pekerja/buruh. Namun pandangan tersebut tidaklah demikin bagi seorang penjilat atau manusia yang bermental penghianat.

Apakah pernah kita menyadari, bahwa sesungguhnya pengusaha telah bekerja secara terorganisir untuk menjalankan misi-misi tipu muslihat terhadap pekerja. Jangan pernah berharap perubahan nasib buruh akan terjadi jika bukan pekerja/buruh sendiri yang merubahnya

Silahkan di telaah , apakah kita pekerja masih yakin dan percaya bisikan-bisikan oknum yg antipati dengan serikat pekerja. Sejati nya tujuan oknum tersebut hanya ingin menjerumuskan pekerja dalam gerbang penderitaan

Penulis : Wandhi Р Pangkorpuk Garda Metal PUK- EPCOS INDONESIA

Pos terkait