Sekar JICT Peduli Galang Dana Untuk Korban Gempa Cianjur

Jakarta, KPonline – Gempa bumi Cianjur yang terjadi pada 21 November 2022 pukul 13:21:10 WIB dengan episenter gempa berada pada koordinat 6,84 LS – 107,05 dan kedalaman 11 km, magnitudo 5,6. Sampai tanggal 28 November 2022, pukul 07:00 WIB, BMKG telah mencatat 297 gempa susulan dengan magnitudo terbesar M4,2 dan terkecil M1,0 . Pemkab Cianjur mencatat sampai hari ke-13 pasca gempa 5.6 magnitudo yang mengguncang Cianjur, menyebabkan 104 ribu warga mengungsi di 224 posko pengungsian terpusat dan mandiri, 17.864 rumah rusak, puluhan fasilitas umum seperti perkantoran, sekolah dan tempat ibadah disamping itu mencatat korban meninggal dunia hingga Selasa, (6/12/2022) bertambah menjadi 334 dan delapan orang masih dalam pencarian.

 

SEKAR JICT, sebuah wadah organisasi Karyawan yang eksis di PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) menggalang aksi Peduli Karyawan JICT atas musibah gempabumi Cianjur dengan mengumpulkan dana sumbangan dan bantuan kemanusiaan kepada para korban yang terdampak sejak terjadinya musibah hingga tanggal 28 November 2022.

 

“Sejak terjadinya gempa cianjur, Kami pengurus SEKAR JICT segera menghimpun berbagai informasi terkait kondisi gempa dan para korban yang mengungsi. Kemudian kami dengan sigap langsung menghimpun dana dari para anggota SEKAR JICT. Alhamdulillah para anggota turut berempati dan langsung dengan cepat dana kemanusiaan ini terkumpul,” Ujar Suwandi selaku Ketua Umum.

 

Donasi terkumpul dari para anggota dan pengurus SEKAR JICT hingga tanggal 28 November 2022 sebesar Rp 25.775.543. Dana ini langsung di belanjakan logistik serta obat-obatan untuk para korban ungkap Endi Kordinator aksi kemanusiaan SEKAR JICT Peduli.

 

Rabu, (07/12/ 2022) perwakilan pengurus SEKAR JICT terjun langsung ke lokasi bencana dan menyampaikan bantuan secara langsung kepada korban dibantu oleh pengurus STAQ Al hijrah Cianjur dalam pendistribusiannya kepada warga Kampung Nagrog Desa Gasol Rt 001 Rw 01 kecamatan Cugenang, serta kecamatan Gekbrong Cianjur Jawa Barat.

“Bencana alam ini tidak bisa kita hindari, sebagai manusia yang memiliki hati nurani dan rasa kemanusiaan yang tinggi sudah sepatutnya kita semua saling asah dan saling asuh. Kita itu seperti anggota tubuh dimana ada yang sakit pasti ada impuls ke otak dan memberikan respon pada tubuh seperti menjerit atau menangis. Begitupun dengan kejadian ini, saudara-saudara kita tertimpa musibah maka kita harus saling membantu dan aware terhadap apa yang sedang menimpa mereka.

 

Semoga bantuan kami dari SEKAR JICT dapat sedikit meringankan beban dan kesedihan para korban,” ujar Ahmad Djamah Sari selaku pengurus.

 

Program SEKAR JICT peduli kemanusiaan gempa cianjur merupakan bentuk realita SEKAR JICT peduli terhadap kemanusiaan. SEKAR JICT selalu berusaha untuk berkomunikasi dengan baik, empati, dan awareness akan hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitar. 8 Desember 2022. (Hilman Firmansyah).