Samsuri: Sehat Hak Rakyat

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Senen sore (19/11/2018) yang cerah Samsuri beserta tim Jamkeswatch DKI Jakarta bergegas menuju kampung rawa bebek Cakung Jakarta Timur.

Pertemuan yang baik ini dibuka oleh Mubarok selaku salah satu relawan Jamkeswatch yang memaparkan pentingnya jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat.

“Kita sama-sama harus memahami bahwa pentingnya jaminan kesehatan untuk rakyat, dan sehat adalah hak rakyat, relawan Jamkeswatch saat ini memang sudah bergerak dan sudah mengadvokasi sejak tahun 2012 dan inilah bentuk perhatian, pelayanan kami selaku relawan kepada masyarakat,” ujar Samsuri selaku caleg DPRD DKI Jakarta nomor urut 7 dapil IV dan juga sebagai salah satu pembina Jamkeswatch.

Daryus selaku Direktur Advokasi Jamkeswatch KSPI menjelaskan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat setempat perihal Jaminan Kesehatan Nasional, bahwa saat ini masih banyak warga masyarakat yang belum mengetahui fungsi-fungsi ataupun cara mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Sosialisasi sekaligus diskusi pada kesempatan hari ini semakin menarik ketika warga yang hadir banyak yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar Jaminan Kesehatan, masyarakat yang belum menjadi peserta BPJS dan cara mengadvokasi pasien ketika membutuhkan ruang rawat seperti ICU, NICU dll.

“Dalam kesempatan hari ini adalah sebagai pertemuan awalan, karna tim relawan Jamkeswatch DKI Jakarta akan merencanakan pertemuan selanjutnya dalam beberapa hari kedepan untuk membahas bagaimana cara mengadvokasi pasien dan segera memberikan edukasi kepada masyarakat agar kedepannya bisa mandiri dalam memberikan pembelaan dan mendampingi masyarakat pada umumnya,” ungkas Mubarok. (brd)