Sah, Anies Baswedan Menjabat Gubernur Baru Jakarta

Jakarta, KPonline – Dalam sebuah rangkaian pelantikan yaitu pembaca ketetapan Presiden, pembacaan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara pelantikan. Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akhirnya resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2017-2022.

Anies dan Sandi resmi memimpin ibukota setelah dilantik Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada pukul 16.00 WIB, Senin, 16 Oktober 2017. Sebelum melantik keduanya, Presiden Jokowi sempat bertanya,  “Apakah saudara-saudara beragama Islam.”

Bacaan Lainnya

“Iya, beragama Islam,” kata Anies dan Sandi.

“Ikuti kata-kata dan kalimat saya,” kata Jokowi.

“Demi Allah Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya, sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Joko Widodo saat membacakan sumpah diikuti Anies dan Sandi.

Seperti diketahui, Anies dan Sandi bisa menduduki kursi pucuk pimpinan di Jakarta setelah meraih suara terbanyak dalam putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah DKI 2017.

Berdasarkan hasil rekapitulasi pemungutan suara KPU DKI Jakarta, Anies dan Sandi yang memakai nomor urut tiga meraih total suara 3.240.987.

Anies merupakan mantan Menteri Pendidikan di kabinet kerja Presiden Jokowi. Sementara Sandiaga Uno merupakan pengusaha tambang dan properti.

Daftar Sekarang

Pos terkait