Rangkul Jamkeswatch, RS Hermina Karawang Jalin Silaturahmi

Karawang, KPonline – Hubungan komunikasi yang baik tentunya terus dibangun oleh tim relawan Jamkeswatch. Hal ini dibuktikan oleh tim relawan Jamkeswatch kabupaten Karawang yang langsung dirangkul oleh Rumah Sakit Hermina yng berlokasi di Jalan Tuparev No. 386A, Sukasari, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang.

Pertemuan tersebut pun sengaja dilakukan di ruang RS Hermina lantai 1 yang sudah disiapkan, Senin (02/10/2023). Dengan santunnya beberapa pegawai RS Hermina menyambut kedatangan tim relawan Jamkeswatch.

Hadir dalam agenda Audensi tersebut di antaranya Wakil Direktur (Wadir) RS Hermina Dokter Khaerani Hajjah (Dr. Ae), Manajer Pelayanan dan Medis Dokter Lia Tasliah, Manager BPJS KES Rumah Sakit Dokter Wiwik, Manajer Marketing Nurul Hikmat Triwahyuni, Kepala Urusan “Front Office” Ani Aspriani Serta Kepala Urusan Pelayanan Umum Acep Supandi. Staf BPJS Kesehatan Cabang Karawang bidang Edukasi dan Penanganan Pengaduan Peserta di RS(EP3RS) M. Dikry Alfin Nugroho.

Dalam penyampaiannya ketua Dewan Pimpinan Wilayah(DPW) Jamkeswatch Jawa Barat Mustopa menuturkan kalau Jamkeswatch di Karawang sering jalin komunikasi dengan RS di sekitar Karawang.

“Hubungan komunikasi yang baik selalu kita prioritaskan mengingat pentingnya layanan kesehatan untuk masyarakat di Karawang. Beberapa mekanisme dan regulasi lainnya bahkan tim relawanan Jamkeswatch berani terjun langsung kelapangan untuk mensosialisasikannya. Pergerakan ini secara tidak langsung membantu pihak BPJS Kesehatan juga tentunya, termasuk aduan yang saat ini kita bahas,” ucap Mustopa kepada Media Perdjoeangan, Senin (02/10/2023).

Beliau berharap, RS Hermina terus menjalin hubungan komunikasi dengan tim Relawan Jamkeswatch di Karawang, karena kedapan pasti banyak warga yang butuh layanan kesehatan di RS Hermina.

“Di Jawa Barat khususnya sudah banyak relawan Jamkeswatch mempunyai hubungan baik dengan RS Hermina. Sangat disayangkan jika hubungan harmonis itu tidak dijaga dengan baik,” tambah Pria yang saat ini menjabat sebagai ketua DPW Jamkeswatch Jawa Barat itu.

Senada disampaikan oleh Wakil Direktur(Wadir) RS Hermina Karawang Dokter Khaerani Hajah disela diskusi walau awalnya sempat kaget atas kehadiran tim Relawan Jamkeswatch yang antusias hadir.

“Sudah lama saya kenal dengan Jamkeswatch sebelum saya pindah ke Karawang kebetulan saya sekrang masih tinggal di Jakarta. Kita sama-sama salin bersinergi ketika mereka membawa pasien kesini kita layani dengan baik,” kilahnya dengan ramah.

Menurutnya, hubungan dengan Jamkeswatch tentunya mesti dijaga karena mereka (Jamkeswatch) sangat luar biasa dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan hak sehatnya.

“Adanya pertemuan ini tentunya sebagai pembenahan kami untuk memberikan pelayanan kesehatan yang jauh lebih baik lagi. Terima Kasih Jamkeswatch atas semua masukannya, tegur kami jika salah, sapa kami jika kami lalai, karena pada dasarnya RS Hermina akan mengutamakan pelayanan untuk setiap pasien yang datang,” tambah wanita yang akrab disapa Dokter Ae itu.

Upaya yang terus dibangun oleh tim relawan Jamkeswatch di Karawang tentunya akan membuka pintu, dan memastikan masyarakat di Karawang mempunyai jaminan kesehatan secara merata sesuai data yang dimilikinya.

Di tempat yang sama ketua Dewan Pimpinan Daerah(DPD) Jamkeswatch kabupaten Karawamg Syehudin menjelaskan kalau jaminan kesehatan sangatlah penting untuk dimiliki.

“Kami dari tim Jamkeswatch akan terus memantau bagaimana jalannya jaminan kesehatan di Indonesia. Hal ini tentunya banyak keterlibatan beberapa pihak agar setiap masyarakat khususnya di Karawang sudah mempunyai jaminan kesehatan. Jangan sampai ada masyarakat ditolak Rumah Sakit ketika mau melakukan pengobatan,” pungkas Syehudin tegas.

Lebih lanjut, dia akan terus berkoordinasi dengan beberapa RS agar hubungan komunikasi antar RS, dan tim relawan Jamkeswatch bisa dilakukan.

‚ÄúSilahkan RS bersurat atau menyampaikan jika memang ditemukan ada yang mengaku sebagai relawan Jamkeswatch namun meminta bayaran ketika mendampingi pasien,” ujar dia. (Jhole)