PT.Excelitas Technologies Batam Resmi Bergabung Dengan Fspmi

Batam, KPonline – Berserikat merupakan hak dari setiap orang,dan hal ini juga diatur oleh Undang-undang dasar 1945 pada pasal 28 dan di ayat Pasal 28E ayat (3) UUD 1945: berbunyi “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.”
Dan hal ini diperkuat juga oleh Pasal 24 ayat (1) UU HAM: “Setiap orang berhak untuk berkumpul, berapat, dan berserikat.

Artinya ketika perusahaan mencoba untuk menghalangi adanya perkumpulan ataupun serikat merupakan kategori pelanggaran HAM, yakni dalam kasus tersebut adalah hak berserikat dan berkumpul. Ini karena menurut Pasal 1 angka 6 UU HAM, pelanggaran hak asasi manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-undang ini, dan tidak mendapatkan, atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar, berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Bacaan Lainnya

Hal inilah yang dilakukan oleh karyawan PT.Excelitas Technologies Batam,untuk membentuk sebuah serikat buruh di perusahaan mereka bekerja. Setelah melalui tahapan-tahapan untuk pembentukan serikat,akhirnya mereka menentukan pilihan untuk bergabung dengan Fspmi.

Pada Senin (18/12/2017), mereka resmi dilantik di sekretariat bersama Puk Tec Batam, yang dihadiri oleh ketua PC SPEE kota Batam Mustofa, beserta pengurus PC dan 19 karyawan PT. Excelitas Technologies Batam.

Dalam sambutanya ketua PCEE Batam mengatakan “Berserikat dan berkumpul adalah hak semua orang,dan itu diatur didalam UUD 1945, artinya setiap karyawan dijamin untuk membentuk sebuah serikat diperusahaan mereka bekerja,walau tak ayal pengusaha-pengusaha selalu berusaha menggagalkan dengan berbagai cara supaya serikat tidak berdiri di perusahaan yg mereka pimpin,baik dengan cara-cara licik”.

Sebelum dilantik Mustofa juga memberikan pemaparan tentang organisasi Fspmi.Mustofa juga berpesan kepada pengurus terpilih

“Ini adalah tugas dan amanah dari anggota yang diemban,karena dalam pergerakan itu sebagai pemimpin sangatlah berat, jadi dibutuhkan keikhlasan,dan jangan pernah ada kepentingan pribadi didalam, sehingga membawa kehancuran didalam organisasi,dan tetap jaga nama baik Fspmi” Ujarnya.

Setelah dilantik ketua terpilih Asfian juga mengatakan terimakasih untuk PCEE Batam,yang membantu sehingga terbentuk serikat di PT.Excelitas dan harapannya ia dan pengurus terpilih bisa solid dan menjalankan amanah ini,berjuang bersama untuk mensejahterakan anggota dan keluarganya (Roy Sdbtr)

Daftar Sekarang

Pos terkait