Perkuat Organisasi, FSPMI Karawang Gelar Pelatihan dan Bentuk Tim Media

  • Whatsapp

Karawang, KPonline – Dalam upaya memperluas jaringan Media Perdjoeangan yang merupakan salah satu pilar organisasi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Konsulat Cabang FSPMI Karawang mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Media Perdjoeangan, pada hari Rabu (27/12/2017).

Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Sekretariat Konsulat Cabang FSPMI Karawang, Ruko Bumi Teluk Jambe Blok. W Karawang, Jawa Barat. Tidak kurang 25 orang peserta hadir dalam kegiatan ini. Termasuk di dalamnya ada Anggota Garda Metal dan Relawan Jamkeswatch.

Bacaan Lainnya

Acara dimulai pukul 09:00 WIB dan dibuka perwakilan Pengurus KC FSPMI Karawang, Doni.

Doni mengaku senang dengan agenda pendidikan ini. Dia berharap dengan adanya Media Perdjoeangan di Karawang, bisa meningkatkan pengetahuan tentang perburuhan dan segala kegiatan yang dilakukan oleh FSPMI Karawang bisa terdokumentasikan dan dipublikasikan.

“Tak lupa, saya berharap Media Perdjoeangan daerah Karawang bisa saling bersinergi dengan pengurus perangkat KC/PC dan pilar FSPMI lainnya seperti Garda Metal, Inkobumi, LBH dan Training Center,” tambahnya

Vice Presiden Dewan Pimpinan Pusat FSPMI, Kahar S. Cahyono, juga memberikan pemahaman betapa sangat pentingnya media dalam sebuah organisasi pergerakan.

Kahar memberikan materi tentang bagaimana media menyatu dengan organisasi. Dia mencontohkan apa yang dilakukan Tirto Adhi Suryo dengan Sarekat Prijaji dan Medan Prijaji-nya.

Selain itu, Kahar juga menyampaikan dasar-dasar cara menulis yang baik dan benar.

“Menulis itu mengindera dengan kata-kata. Menulislah apa yang ada dalam pikiran, kita jangan memikirkan apa yang akan kita tulis. Walau pun kita sering belajar tentang penulisan tetapi tidak mempraktekkan dalam tulisan, tidak akan kita bisa menjadi menulis,” ucap Kahar.

Setelah selesai istirahat, acara pun kembali dilanjutkan dan di isi oleh Tutor M. Herven selaku Sekretaris Nasional Media Perdjoeangan yang memaparkan tentang bagaimana berita atau informasi tentang perburuhan dan kegiatan FSPMI bisa dipublis dan dibaca oleh seluruh anggota FSPMI dan masyarakat.

Sementara Iwan Budi Santoso yang merupakan Koordinator Nasional Media Perdjoeangan menjelaskan tentang tehnik jurnalisme seperti teknik photo dan pembuatan berita yang baik dan diterima dimasyarakat.

Acara ini berakhir pukul 16:00, ditutup dengan pembentukan struktural kepengurusan Media Perdjoeangan Daerah Karawang.

Vidie Andrian F terpilih dan ditunjuk menjadi Ketua Koordinator Daerah Media Perdjoeangan Karawang. Selanjutnya struktural kepengurusan tersebut akan disah kan atau dilegalisasi oleh Ketua Konsulat Cabang FSPMI Karawang. (Chuky)

Pos terkait