Perjuangan PUK SPKEP-KSPI PT. Hua Xing Industri Berbuah Manis

Perjuangan PUK SPKEP-KSPI PT. Hua Xing Industri Berbuah Manis

Bogor, KPonline -Aksi Unjuk Rasa dan Aksi Mogok Kerja yang dilakukan oleh kawan-kawan buruh yang bernaung di PUK SPKEP-KSPI PT. Hua Xing Industri berbuah manis. Aksi Unjuk Rasa dan Aksi Mogok Kerja yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 10 Juli 2018 hingga 14 Juli 2018 ini, hanya berlangsung satu hari saja.

Aksi Unjuk Rasa dan Aksi Mogok Kerja dengan terpaksa dihentikan, dikarenakan seluruh tuntutan yang diminta oleh kawan-kawan buruh PUK SPKEP-KSPI PT. Hua Xing Industri dikabulkan oleh pihak Management perusahaan PT. Hua Xing Industri. Atas keberhasilan tersebut, maka PUK SPKEP-KSPI PT. Hua Xing Industri menghentikan Aksi Unjuk Rasa dan Aksi Mogok Kerja tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua PUK SPKEP-KSPI PT. Hua Xing Industri kepada Tim Media Perdjoeangan Bogor. “Seluruh tuntutan normatif yang kami minta, dikabulkan seluruhnya oleh pihak Management perusahaan PT. Hua Xing Industri” terang Petrus Adiatmoko. Keberhasilan dari perjuangan PUK SPKEP-KSPI PT. Hua Xing Industri disambut gembira dan penuh haru oleh seluruh peserta massa aksi.

“Kami selaku pengurus PUK FSPKEP-KSPI PT. Hua Xing Industri mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada Sumarno selaku Ketua DPC FSPKEP-KSPI Kabupaten Bogor, dan seluruh perangkat organisasi baik dari DPD sampai DPP, yang mengawal Aksi Unjuk Rasa dan Aksi Mogok Kerja hingga perundingan antara kami pihak serikat pekerja dengan pihak Management perusahaan PT. Hua Xing Industri. Terima kasih banyak kami ucapkan kepada seluruh anggota Kopaskep FSPKEP-KSPI, dan semua bentuk solidaritas dari seluruh federasi serikat pekerja dan serikat buruh yang hadir dalam Aksi Unjuk Rasa dan Aksi Mogok Kerja pada hari ini, yang mungkin tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Tidak lupa, terima kasih juga kepada pihak aparat kepolisian yang sudah mengawal dan mengamankan Aksi Unjuk Rasa dan Aksi Mogok Kerja yang kami lakukan pada hari ini” jelas Petrus Adiatmoko.

Dan inilah beberapa kesepakatan yang sudah dibuat antara pihak PUK SPKEP-KSPI PT. Hua Xing Industri dengan pihak Management perusahaan PT. Hua Xing Industri.

1. Seluruh pekerja diangkat sebagai karyawan tetap secara bertahap tanpa terkecuali mulai Agustus 2018 hingga selesai dengan quota 5 orang tiap bulannya. Dengan diterbitkan Surat Keputusan Pengangkatan terhitung dimulai masuk kerja dan tidak PHK bagi yang diangkatnya menyusul.
2. Membayar rapelan kekurangan upah Januari hingga Maret 2018, dan dibayarkan secara bertahap mulai pengupahan bulan Agustus, September, Oktober dan November 2018.
3. Mengatur jadwal kerja menjadi 3 (tiga) shift dengan tetap mengacu pada peraturan dan perundang-undangan ketenaga kerjaan. Untuk sementara 2 (dua) shift dengan jam pulang lebih awal.
4. Upah/Lembur sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, untuk seluruh pekerja dimulai hari ini.
5. Memberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat dengan tetap dibayar penuh.
6. Memberikan istirahat mingguan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
7. Tidak melakukan skorsing atau memotong gaji pekerja apabila ada Surat Keterangan Dokter..
8. Akan menyediakan APD dan melaksanakan LK3.
9. Memberikan ruangan kesekretariatan bagi serikat pekerja dan membantu pemotongan iuran serikat pekerja sebagai bentuk Hubungan Industrial antara serikat pekerja dan perusahaan.
10. Upah selama aksi akan dibayar dan tidak akan ada tindakan balasan, intimidasi, PHK dan tindakan apapun bagi pengurus serikat pekerja dan pekerja yang melakukan Aksi Unjuk Rasa dan Aksi Mogok Kerja yang sudah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Facebook Comments

Comments are closed.