Peran Serta Stakeholder Dalam Upaya Tingkatkan Kondusifitas Ketenagakerjaan di Kota Cimahi

Bandung, KPonline – Keberadaan Serikat Pekerja/Serikat Buruh sangat menentukan keberlangsungan hubungan yang harmonis dengan perusahaan. Pemerintah, khususnya Disnaker sebagai Fasilitator, mediator yang berada di antara serikat pekerja dan pengusaha terus meningkatkan kinerjanya dengan memberikan pelayanan, penyampaian dan merealisasikan apa yang menjadi harapan para pekerja.

Selasa (11/10), sekitar pukul 13:00 Wib, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi mengadakan konsolidasi dengan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Bandung Raya (FSPMI Bandung Raya). Acara berlangsung di Gedung Tekhnopark, Jl.baros, Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Hadir dalam acara tersebut, Bidin supriyono (Ketua KC FSPMI Bandung Raya), Hendrayana Hendri (Sekretaris KC FSPMI Bandung Raya), Ayi Turganda (Sekretaris PC SPAI FSPMI Bandung Raya), Asep Supriatna (Ketua PC SPL Bandung Raya) dan perwakilan dari PUK SPAI dan SPL FSPMI yang berada di Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Bandung Raya.

Hadir pula Walikota Cimahi Letkol (Purn) Ngatiyana.S.A.P, perwakilan dari Disnaker propinsi jabar Deni serta Kanit Polres Cimahi.

Deni (Disnaker Prov jabar) menyampaikan bahwa dengan adanya Serikat Pekerja, pekerja atau buruh dapat mengadukan keluhan jika memang terjadi penyimpangan dalam sebuah perusahaan. Contoh kecil adalah keberadaan karyawan kontrak yang seringkali berada pada posisi dirugikan dengan berbagai kebijakan perusahaan yang dinilai tidak sesuai dengan perundangan yang berlaku

“Jika ada perusahaan yang memperkerjakan karyawan kontrak tidak sesuai dengan UU segara laporkan ke pihak dinas terkait. Kami siap membantu,” kata Deni.

Kanit Polres Cimahi mengungkapkan, bahwa selama ini hubungan baik antara pihak kepolisian dan Serikat Pekerja selalu dikedepankan.

“Kami selalu bertugas mengawal dan mengantisivasi dengan segala kegiatan yang dilakukan oleh Serikat Pekerja agar kondusif,” ujar Kanit Polres Cimahi.

Dengan diadakannya konsolidasi seperti ini, semoga hungungan baik antara Pemerintah dan Serikat Pekerja dapat terus dijaga dan ditingkatkan.

Penulis : BJ