Pendidikan Public Speaking PUK SPAMK FSPMI PT AT. Indonesia : Speak To Change

Karawang, KPonline – Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK SPAMK FSPMI) PT. AT Indonesia menggelar Pendidikan Public Speaking, Minggu (22/09/19).

Pendidikan Public Speaking ini akan digelar selama dua hari tanggal 22 – 23 September 2019 di Brits Hotel Karawang dengan bertemakan

“SPEAK TO CHANGE ”

1. Berani Bicara

2. Berani Melakukan Perubahan

3. Sistematik

Peserta berjumlah 40 orang, terdiri dari anggota, Korlap, Garda Metal dan beberapa Pengurus PUK SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia dan dua orang Pemateri yakni Jonet Kirwanto dan Arif Wicaksono.

Jonet Kirwanto pernah menjabat menjadi Ketua di PUK SPAMK FSPMI PT. Aisin Indonesia. Ia pun sudah sering mengajar beberapa pendidikan seputar Serikat Pekerja di FSPMI. Materi yang akan diberikan Jonet hari ini adalah Pengenalan Garis besar Public Speaking dan Komunikasi Efektif.

Arif Wicaksono Selaku Ketua Bidang Pendidikan di Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI Kabupaten Karawang dan juga sebagai Pengurus PUK SPAMK FSPMI PT. AICC. Materi yang akan di berikan hari ini oleh Arif adalah Public Speaking dan Hambatan Public Speaking.

Pendidikan Public Speaking ini dimulai pukul 08.00 WIB. Kis Purwanto dan Faiz Retno Mukti yang kali ini bertugas sebagai pembawa acara.

Acara diawali dengan pembacaan basmalah secara bersama – sama dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya lalu Mars FSPMI dan Mars Astra. Lalu di lanjutkan dengan sambutan – sambutan.

Sambutan yang pertama dari Maman selaku Ketua Panitia Pendidikan Public Speaking dan Ia juga adalah pengurus PUK SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia di bidang Pendidikan, yang terlihat sudah hadir dari Pukul 06.00 WIB melakukan persiapan di Brits Hotel Karawang. Maman berharap kelancaran buat Pendidikan ini serta peran aktif peserta dan adanya benih – benih baru untuk kepengurusan selanjutnya.

Dan bukan hanya maman, tetapi seluruh Panitia termasuk Pengurus PUK SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia sudah hadir sejak pukul 06.00 Wib dan tidak kalah dengan Panitia peserta pun hadir tepat waktu sesuai jadwal yang di berikan. Sungguh luar biasa begitu menghargai waktu dan memanfaatkan sebaik baiknya yang kadang di jaman sekarang ini sungguh susah di temui.

Sambutan selanjutnya dari Engkos Kosasih selaku Ketua PUK SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia dan juga Sekertaris Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia. Engkos berharap para peserta bisa menyerap apa yang di berikan oleh pemateri dan berani berbicara dalam hal Seputar Serikat Pekerja demi melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Sambutan selanjutnya dari Asmat Serum selaku Ketua PC SPAMK FSPMI sekaligus Ketua Cabang FSPMI Karawang. Asmat berharap adanya Mutiara – mutiara atau Generasi – generasi penerus yang berkualitas di PUK SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia yang berkualitas untuk kepengurusan selanjutnya. “Pendidikan ini bukan hanya bisa menghasilkan seorang orator tetapi bisa juga untuk menjadi Narasumber di kemudian hari, pungkas Asmat dan sekaligus membuka acara Pendidikan Public Speaking hari ini.

Dan di lanjutkan dengan do’a pembukaan yang di pimpin oleh Kis Purwanto.

Materi Pendidikan pun di mulai, dan di awali dengan perkenalan peserta. Satu per satu Peserta Maju ke depan untuk berkenalan dengan menyebutkan identitasnya. Cukup menarik tawa ramai karena beberapa peserta melakukan perkenalannya dengan bermacam macam sikap. Ada suara lantang dan ada yang tersipu malu.

Acara hari ini di jadwalkan sampai Pukul 16.00 Wib. Dan untuk hari kedua tanggal 23 September 2019 terjadwal tidak akan di berikan materi tetapi full Praktek Public Speaking. (Lnd)