Pemred Media Perjuangan FSPMI, Media Berperan Penting Dalam SP/SB

Bogor, KPonline – “Posisi tim media dalam serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) berperan penting di segala lini kegiatan SP/SB dan juga memberikan dukungan terhadap setiap kebijakan serikat,” pernyataan ini ditegaskan oleh Pemimpin Redaksi Media perjuangan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (MP FSPMI), Kahar S. Cahyono, saat menyampaikan arahan pada kegiatan Rakernas MP FSPMI tahun 2019, bertempat di Training Center FSPMI, Cisarua, Bogor, Sabtu (28/09/2019).

Membuat berita, bukan hanya kita sekedar membuat berita tulisan atau membuat berita video, tetapi bagaimana kita menuangkan gagasan itu, membuat orang atau pembaca bisa berpikir dari karya tulis kita. Lebih lanjutnya lagi, dengan karya berita kita orang teragitasi dan terpropaganda untuk bergerak,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Disebutkan dia, sejak Media Perjuangan FSPMI dilahirkan dalam gerakan perjuangan buruh FSPMI, hastag yang sampai kini dipertahankan adalah, #BicaralahBuruh, sejatinya adalah bagaimana kaum buruh menyampaikan gagasan-gagasannya dalam bentuk pemberitaan.

Juga hastag, #AyoBerserikat hal ini bertujuan untuk mengajak pekerja yang belum berserikat untuk membangun serikat buruh, juga mengajak buruh yang sudah berserikat untuk meningkatkan aktifitas dalam serikat buruh, sebut Vice Presiden Bidang Informasi, Komunikasi, Media dan Propaganda DPP FSPMI itu.


Disebutkan Kahar juga, posisi media hadir dalam proses edukasi kepada pekerja/buruh, baik di kegiatan organisasi, pendidikan, strategi Konsep Lobi dan Aksi (KLA), Advokasi dan kegiatan kesejahteraan rakyat.

Ke depan, tambahnya, visi Media Perjuangan FSPMI tahun 2020 adalah, bagaimana kondisi manajemen Media Perjuangan bukan hanya menulis dan menerbitkan berita, tetapi juga menyampaikan gagasan dan pemikiran untuk memberikan inspirasi bagi pekerja Indonesia, tandas Kahar.

Pelatihan media di lingkungan FSPMI meliputi, agitasi, propaganda, jurnalistik hingga teknik dasar menulis, videografi, info grafis dan media sosial, menjadi bahan dari pendidikan specialis di FSPMI, terutama memperkuat bidang Infokom di tingkat pimpinan unit kerja (PUK), pimpinan cabang (PC), pimpinan pusat (PP) dan dewan pimpinan pusat (DPP), tegas Kahar. (Maulana Syafii)

Keterangan gambar: Pemred Media Perjuangan FSPMI, Kahar S. Cahyono menyampaikan arahan di hadapan peserta Rakernas Media Perjuangan FSPMI tahun 2019. /Maulana Syafii

Pos terkait