Ngabuburit Menengok Indahnya Masjid Kubus Bandung

masjid-al-irsyad-di-indonesiaproud-wordpress-com

Menengok indahnya Masjid Kubus Bandung karya Ridwan Kamil

masjid-al-irsyad ( image : http://indonesiaproud.wordpress.com)
masjid-al-irsyad ( image : http://indonesiaproud.wordpress.com)

Ramadan datang, Ramadan yang dinantikan setiap umat muslim seluruh dunia. Baragam cara menyambut kedatangan bulan suci umat muslim ini.

Di Indonesia beragam cara menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Salah satunya yakni ngabuburit. Ngabuburit oleh sebagian orang dikenal sebagai ritual menyambut datangnya jelang berbuka puasa. Cara itu dilakukan dengan budaya masing-masing daerah.

Coba tengok ngabuburit yang lebih orisinil dengan mengunjungi beberpa masjid yang berada di Tanah Air. Salah satunya mengunjungi Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Masjid Al-Irsyad Alamat : Jl Raya Parahyangan Km 2,7 Kota Baru Parahyangan Padalarang - Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.  ( http://simbi.kemenag.go.id)
Masjid Al-Irsyad
Alamat : Jl Raya Parahyangan Km 2,7 Kota Baru Parahyangan Padalarang – Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. ( http://simbi.kemenag.go.id)

Masjid yang dikenal memiliki desain yang cukup unik lantaran tidak adanya kubah dalam bentukyna menjadi daya tarik tersendiri yang memikat masyarakat Bandung dan sekitarnya. Masjid ini diarsiteki langsung oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Pembangunan masjid yang dimulai sejak 7 September 2009 dan rampung pada Agustus 2010 sempat menyita perhatian masyarakat luas karena baru setahun diresmikan, bangunan ini langsung mendapatkan penghargaan “The Best 5 World Building of The Year 2011” sebagai salah satu desain terbaik tempat beribadah di dunia dari lima tempat ibadah yang ada di dunia.

Menurut Ridwan Kamil, bentuk mesjid berbentuk kubus sederhana tersebut terinspirasi oleh Ka’bah yang ada di Masjidil Haram. Sementara sisi-sisi masjid ini merupakan susunan concrete block yang membentuk kaligrafi kalimat As-Syahadah. Masjid ini mampu menampung 1.500 jamaah.

Masjid tersebut dibangun di atas lahan seluas 1 Ha yang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan Al Irsyad Satya Islamic School (berafiliasi dengan Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyah of Singapore) sebuah sekolah Islam internasional yang ada di Kota Baru Parahyangan. (Dari berbagai sumber)

http://www.merdeka.com/ramadan/menengok-indahnya-masjid-kubus-bandung-karya-ridwan-kamil.html