Mother Of Kicimpring, Penggerak Ekonomi Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

Banjar, KPonline – Banjar merupakan kota yang memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis 18 tahun silam, kini sedang berkembang. Walikota Banjar Ade UU Sukesih melalui dinas terkait memberikan pelatihan-pelatihan kepada warganya untuk melakukan usaha mandiri untuk menumbuhkan perekonomian rakyat melalui UKM atau pun kelompok usaha.

Tim Media Perdjoeangan Minggu, 16 Agustus 2020 melakukan wawancara terhadap salah satu pengusaha Kicimpring di Kampung Belembeng, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman.

Ia menuturkan salah satu yang dilakukan oleh pemerintah Banjar adalah memberikan modal usaha untuk kelompok usaha (5 orang) diwilayah Banjar seperti kerajinan membuat makanan ringan diantaranya Kicimpring, Sale pisang, Kue kering dan lain-lainnya. Kicimpring merupakan makanan ringan yang dibuat dari singkong.

Salah satu kelompok usaha yang ada di kampung belembeng, Desa Batulawang Kecamatan Pataruman sampai saat ini secara tekun dan teliti masih menggeluti usaha Kicimpring. berawal satu kelompok ini (5 orang) diberi bantuan oleh pemerintah Banjar berupa singkong sebanyak 250 Kg, Minyak goreng 20 Kg, alat-alat penggorengan dan lainnya, tambahnya

Penulis : Yanto
Foto : Sugiyanto